Sukses

Parenting

Diare Pada Bayi - Upaya Penyembuhan

Mendeteksi sakit pada si kecil memang gampang gampang susah. Ladies bisa mengetahuinya dari perubahan sikapnya yang menjadi rewel, susah tidur, atau bahkan dari buang air besarnya. Salah satu penyakit yang bisa Ladies lihat daru fesesnya adalah diare. Jika feses si kecil cenderung encer dan terjadi beberapa kali, berarti dia sedang diare.

Diare ini cukup membahayakan kesehatan si kecil sebab dia akan kekurangan banyak cairan yang bisa mengarah pada dehidrasi. Jika Ladies sudah melihat gejala dehidrasi pada si kecil, seperti bibir kering, Ladies ada baiknya pergi ke dokter, bukan asal memberinya obat diare.

Dokter biasanya melarang anda memberikan obat anti diare pada si kecil. Menurut keterangan di webmd.com, dokter akan memberikan resep antibiotik khusus yang berfungsi sbg pengobat infeksi bakteri atau parasit. Bayi yang diare sampai tahap dehidrasi biasanya akan mendapatkan cairan khusus dari Rumah Sakit yang namanya intravenous fluids (IV).

Jika bayi Anda biasanya makan makanan padat, dokter akan meminta Anda mengganti makanan dengan yang lebih lunak sampai diarenya berhenti. Sementara, jika bayi masih menyusui, maka ibu akan disarnakan untuk menghindari makanan yang memicu diare pada si bayi.

Bayi yang sudah mengonsumsi makanan padat sebaiknya dihindari memakan makanan yang berserta tinggi, manis (seperti roti, biskuit), makanan produk olahan susu (susu, keju). Ladies sebagai ibu juga disarankan mencuci tangan setiap kali usaimengganti popok si bayi sebab pada diare yang disebabkan oleh infeksi bakteri sangat mudah menular.

Oleh: Asizah

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading