Perhatikan Nutrisi Pada Anak Usia Sekolah

Minggu, 01 September 2013 03:26

(c) shutterstock

Vemale.com - Manusia membutuhkan nutrisi pada setiap tahap pertumbuhan. Tentunya nutrisi yang dibutuhkan akan berbeda dari segi jenis dan manfaat di tiap tahapnya. Seperti pada anak usia sekolah yaitu 4 tahun ke atas. Pada usia ini, perkembangan bagian-bagian tubuh akan berjalan sangat cepat. Ini akan sempurna apabila ditunjang dengan asupan nutrisi yang baik pula.

Karena pertumbuhan tubuh ditentukan oleh nutrisi, perhatikan selalu nutrisi untuknya ya, Moms. Jangan sampai anak membentuk kebiasaan makan yang buruk seperti suka memilih makanan. Menurut about.com, tekankan selalu pada anak hal-hal berikut:

• Mau makan berbagai jenis makanan
• Pastikan anak bergerak aktif untuk mengimbangi makannya
• Tidak menghindari sayur atau buah
• Jangan berlebihan dalam mengonsumsi gula
• Pentingnya kalsium dan zat besi untuk darah dan tulangnya

Kebiasaan makan yang baik harus Moms tumbuhkan pada anak. Ini bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Beri contoh pada anak agar tidak terlalu suka makanan manis seperti permen atau cokelat. Konsumsi susu pun juga jangan berlebihan ya, Moms. Meskipun bermanfaat, tapi susu dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga anak akan susah untuk makan yang lainnya.

Hal lain yang perlu Moms ingat, jadikan makan menjadi sarana pembentuk kebiasaan baik. Jangan jadikan makanan sebagai hadiah atas perilaku baik, biasakan meja sebagai satu-satunya tempat makan dan minum dan juga jangan memarahi anak karena gara-gara makanan.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
  • Makanan Padat Bergizi Untuk Bayi Umur 7-9 Bulan

    Sabtu, 27 Juli 2013 18:21
    Adik bayi sudah mulai bisa menguyah ya Bunda? Memang saat bayi berumur 7-9 bulan bayi sudah mulai bisa mengunyah dengan menggerakkan rahang atas dan bawahnya, menggantikan gerakan seperti saat ia minum susu atau makan bubur.

  • Nutrisi Tepat Bagi Bayi Umur 0-6 Bulan

    Sabtu, 27 Juli 2013 18:32
    perlu. Setelah lahir sampai ia berumur 4 bulan, sebaiknya Bunda memberikan ASI saja atau jika sangat tidak memungkinkan, susu formula juga bisa diberikan, ataupun kombinasi dari keduanya.

  • Tahapan Nutrisi Untuk Si Kecil

    Sabtu, 27 Juli 2013 19:41
    Sering bertanya-tanya tentang tahapan nutrisi yang tepat untuk si kecil, Bunda? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan Anda, menurut Sara Dumond, MD, seorang pediatrician dari Amerika.

  • Variasi Finger Food Sehat Untuk Bayi Anda

    Sabtu, 27 Juli 2013 19:43
    Ada yang tahu nggak Bun tentang finger food untuk bayi? Makanan pendamping ASI? Bisa juga. Banyak yang menyebut finger food sebagai makanan pendamping ASI karena memang bayi berumur 1 tahun sudah mulai makan makanan padat yang berukuran kecil.

  • Pentingnya Vitamin A Untuk Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:00
    Segala jenis vitamin penting untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah vitamin A. Apa saja manfaat vitamin A dan jenis makanan apa saja yang kaya akan vitamin A?

  • Pentingnya Vitamin D Bagi Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:02
    Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D juga berperan dalam menyerap mineral, seperti kalsium.

  • Pentingnya Vitamin E Untuk Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:03
    Apakah manfaat vitamin E untuk anak? Vitamin E berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah jenis molekul jahat yang dapat merusak sel-sel tubuh anak.

  • Seberapa Banyak Bayiku Harus Makan?

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:31
    Senang ya Bunda rasanya kalau tahu anak sudah tumbuh besar. Di saat bayi menginjak umur 12 bulan tentu sudah banyak aktifitas yang dilakukannya. Tapi apakah Bunda sudah yakin akan asupan gizinya?

  • 5 Nutrisi Penting Untuk Bayi

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:29
    Bagi Moms, khususnya yang baru saja menjalani persalinan, tiada hal yang paling membahagiakan daripada momen kelahiran bayi yang sehat dan normal.

  • Apa Itu Probiotics?

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:30
    Kalau mendengar kata “probiotics”, pasti para Bunda sudah pernah mendengarnya. Ya, kata tersebut sering muncul di televisi khususnya di iklan produk susu untuk bayi.

 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.