Sukses

Parenting

Perhatikan Nutrisi Pada Anak Usia Sekolah

Manusia membutuhkan nutrisi pada setiap tahap pertumbuhan. Tentunya nutrisi yang dibutuhkan akan berbeda dari segi jenis dan manfaat di tiap tahapnya. Seperti pada anak usia sekolah yaitu 4 tahun ke atas. Pada usia ini, perkembangan bagian-bagian tubuh akan berjalan sangat cepat. Ini akan sempurna apabila ditunjang dengan asupan nutrisi yang baik pula.

Karena pertumbuhan tubuh ditentukan oleh nutrisi, perhatikan selalu nutrisi untuknya ya, Moms. Jangan sampai anak membentuk kebiasaan makan yang buruk seperti suka memilih makanan. Menurut about.com, tekankan selalu pada anak hal-hal berikut:

• Mau makan berbagai jenis makanan
• Pastikan anak bergerak aktif untuk mengimbangi makannya
• Tidak menghindari sayur atau buah
• Jangan berlebihan dalam mengonsumsi gula
• Pentingnya kalsium dan zat besi untuk darah dan tulangnya

Kebiasaan makan yang baik harus Moms tumbuhkan pada anak. Ini bisa dimulai dari lingkungan keluarga. Beri contoh pada anak agar tidak terlalu suka makanan manis seperti permen atau cokelat. Konsumsi susu pun juga jangan berlebihan ya, Moms. Meskipun bermanfaat, tapi susu dapat menimbulkan rasa kenyang sehingga anak akan susah untuk makan yang lainnya.

Hal lain yang perlu Moms ingat, jadikan makan menjadi sarana pembentuk kebiasaan baik. Jangan jadikan makanan sebagai hadiah atas perilaku baik, biasakan meja sebagai satu-satunya tempat makan dan minum dan juga jangan memarahi anak karena gara-gara makanan.

Oleh: Muhammad Faris

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading