6 Makanan Yang Baik Untuk Bayi

Rabu, 28 Agustus 2013 11:56

(c) shutterstock

Vemale.com - Bayi tidak makan banyak karena perut mereka yang kecil. Inilah mengapa sangat penting untuk memastikan makanan yang mereka makan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan.

Beberapa makanan seperti daging, buah, dan sayur yang dihancurkan sudah bisa mulai diperkenalkan pada bayi di awal 6 bulan usianya, jika mereka sudah siap. Ingat, makanan padat sebaiknya tidak diberikan pada anak dibawah usia 4 bulan.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk anak usia 6 sampai 12 bulan, dirangkum dari parents.com:

1. Pisang
Kaya akan karbohidrat yang menyediakan energi dan mengandung serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

2. Ubi jalar
Sumber potasium, vitamin C, serat, dan sumber betakaroten yang sangat baik, antioksidan yang dapat mencegah beberapa kanker dan melindungi dari radikal bebas.

3. Alpukat
Terkadang alpukat dikelompokkan pada sayuran, padahal buah. Alpukat mengandung lebih banyak nutrisi daripada buah lainnya. Alpukat memiliki kandungan protein paling tinggi dibanding buah lainnya dan kaya akan lemak tak jenuh yang dapat mencegah penyakit jantung.

4. Telur
Putih telur kaya akan protein dan kuning telur mengandung zinc, dan vitamin A, D, E, dan B12. Kuning telur juga mengandung kolin yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan otak.

5. Wortel
Mengandung betakaroten dan antioksidan yang tinggi yang memberi warna orange. Di dalam tubuh, betakaroten dikonversi menjadi vitamin A yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan penglihatan.

6. Yogurt
Memberikan bayi anda kalsium, protein, dan phosphor yang baik untuk kekuatan, kesehatan tulang dan gigi. Yogurt juga mengandung probiotik, bakteri baik yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
  • Makanan Padat Bergizi Untuk Bayi Umur 7-9 Bulan

    Sabtu, 27 Juli 2013 18:21
    Adik bayi sudah mulai bisa menguyah ya Bunda? Memang saat bayi berumur 7-9 bulan bayi sudah mulai bisa mengunyah dengan menggerakkan rahang atas dan bawahnya, menggantikan gerakan seperti saat ia minum susu atau makan bubur.

  • Nutrisi Tepat Bagi Bayi Umur 0-6 Bulan

    Sabtu, 27 Juli 2013 18:32
    perlu. Setelah lahir sampai ia berumur 4 bulan, sebaiknya Bunda memberikan ASI saja atau jika sangat tidak memungkinkan, susu formula juga bisa diberikan, ataupun kombinasi dari keduanya.

  • Tahapan Nutrisi Untuk Si Kecil

    Sabtu, 27 Juli 2013 19:41
    Sering bertanya-tanya tentang tahapan nutrisi yang tepat untuk si kecil, Bunda? Berikut adalah jawaban dari pertanyaan Anda, menurut Sara Dumond, MD, seorang pediatrician dari Amerika.

  • Variasi Finger Food Sehat Untuk Bayi Anda

    Sabtu, 27 Juli 2013 19:43
    Ada yang tahu nggak Bun tentang finger food untuk bayi? Makanan pendamping ASI? Bisa juga. Banyak yang menyebut finger food sebagai makanan pendamping ASI karena memang bayi berumur 1 tahun sudah mulai makan makanan padat yang berukuran kecil.

  • Pentingnya Vitamin A Untuk Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:00
    Segala jenis vitamin penting untuk tumbuh kembang anak. Salah satunya adalah vitamin A. Apa saja manfaat vitamin A dan jenis makanan apa saja yang kaya akan vitamin A?

  • Pentingnya Vitamin D Bagi Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:02
    Vitamin D merupakan salah satu jenis vitamin yang dibutuhkan anak untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Selain itu, vitamin D juga berperan dalam menyerap mineral, seperti kalsium.

  • Pentingnya Vitamin E Untuk Anak

    Sabtu, 27 Juli 2013 20:03
    Apakah manfaat vitamin E untuk anak? Vitamin E berperan penting dalam menangkal radikal bebas. Radikal bebas adalah jenis molekul jahat yang dapat merusak sel-sel tubuh anak.

  • 5 Nutrisi Penting Untuk Bayi

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:29
    Bagi Moms, khususnya yang baru saja menjalani persalinan, tiada hal yang paling membahagiakan daripada momen kelahiran bayi yang sehat dan normal.

  • Apa Itu Probiotics?

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:30
    Kalau mendengar kata “probiotics”, pasti para Bunda sudah pernah mendengarnya. Ya, kata tersebut sering muncul di televisi khususnya di iklan produk susu untuk bayi.

  • Seberapa Banyak Bayiku Harus Makan?

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:31
    Senang ya Bunda rasanya kalau tahu anak sudah tumbuh besar. Di saat bayi menginjak umur 12 bulan tentu sudah banyak aktifitas yang dilakukannya. Tapi apakah Bunda sudah yakin akan asupan gizinya?

 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.