6 Makanan Yang Baik Untuk Bayi

Rabu, 28 Agustus 2013 11:56

(c) shutterstock

Vemale.com - Bayi tidak makan banyak karena perut mereka yang kecil. Inilah mengapa sangat penting untuk memastikan makanan yang mereka makan mengandung semua nutrisi yang dibutuhkan.

Beberapa makanan seperti daging, buah, dan sayur yang dihancurkan sudah bisa mulai diperkenalkan pada bayi di awal 6 bulan usianya, jika mereka sudah siap. Ingat, makanan padat sebaiknya tidak diberikan pada anak dibawah usia 4 bulan.

Berikut beberapa makanan yang baik untuk anak usia 6 sampai 12 bulan, dirangkum dari parents.com:

1. Pisang
Kaya akan karbohidrat yang menyediakan energi dan mengandung serat yang bermanfaat untuk kesehatan pencernaan.

2. Ubi jalar
Sumber potasium, vitamin C, serat, dan sumber betakaroten yang sangat baik, antioksidan yang dapat mencegah beberapa kanker dan melindungi dari radikal bebas.

3. Alpukat
Terkadang alpukat dikelompokkan pada sayuran, padahal buah. Alpukat mengandung lebih banyak nutrisi daripada buah lainnya. Alpukat memiliki kandungan protein paling tinggi dibanding buah lainnya dan kaya akan lemak tak jenuh yang dapat mencegah penyakit jantung.

4. Telur
Putih telur kaya akan protein dan kuning telur mengandung zinc, dan vitamin A, D, E, dan B12. Kuning telur juga mengandung kolin yang bermanfaat bagi kesehatan dan perkembangan otak.

5. Wortel
Mengandung betakaroten dan antioksidan yang tinggi yang memberi warna orange. Di dalam tubuh, betakaroten dikonversi menjadi vitamin A yang bermanfaat bagi pertumbuhan dan kesehatan penglihatan.

6. Yogurt
Memberikan bayi anda kalsium, protein, dan phosphor yang baik untuk kekuatan, kesehatan tulang dan gigi. Yogurt juga mengandung probiotik, bakteri baik yang membantu meningkatkan kekebalan tubuh.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/rsk)







ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.