Sukses

Parenting

Mengajari Anak Tentang Menyelesaikan Masalah

Seringkali orang menyelesaikan konflik secara agresif, dan mencoba meyakinkan orang lain bahwa cara mereka adalah yang terbaik, dengan menggunakan kekerasan atau argumen yang keras. Ada cara yang sangat baik untuk mengatasi konflik yang mengarah pada solusi damai. Kita bisa mengajari anak untuk menyelesaikan konflik dengan cara yang dapat membuat semua orang senang.

Berikut ini beberapa langkah dari psychology.org.au yang berguna untuk membantu anak menemukan cara damai untuk memecahkan masalah dengan orang lain:

1. Mulailah dengan membiarkan anak tahu bahwa ada jalan untuk menemukan solusi yang baik.

2. Bantulah anak mengidentifikasi perasaan mereka dan bantulah untuk mengekspresikannya.

3. Bantulah anak untuk memperoleh apa yang sebenarnya dia inginkan dengan bertanya apa yang mereka inginkan untuk seharusnya terjadi.

4. Bantulah anak memahami cara pandang orang lain dan belajar membuat perspektif mereka. Tanyakan kepada mereka apa yang mereka pikir tentang kemungkinan perasaan orang lain atau mungkin, apa yang mereka rasakan bila berada di posisi orang lain bila berada di posisi yang sama. Anda juga bisa membuat mereka untuk mengatakan kepada orang lain tentang perasaan mereka dan apa yang sebenarnya yang mereka inginkan untuk terjadi.

5. Anda dapat mendorong anak melakukan brainstorming berbagai cara untuk menyelesaikan masalah. Dorong mereka untuk memunculkan beberapa cara menarik yang bisa dilakukan.

6. Bantu anak untuk memilih cara yang sekiranya akan bekerja pada semua orang dan melakukannya. Lihat bagaimana cara mereka melakukannya dan bantulah menyempurnakan solusi, bila diperlukan.

7. Baca buku anak tentang yang mengajarkan keterampilan dalam menyelesaikan masalah.

Oleh: Handayani Rahayuningsih

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading