Sukses

Parenting

Apakah Anak Anda Sering Berbohong?

Mencari tahu apakah anak sedang berbohong atau tidak memang tidak mudah ya Bu. Bahkan menurut penelitian yang dilansir webmd.com, para orang tua sering kali tidak bisa membedakan saat anak mereka berbohong atau tidak.

Daripada membuang waktu untuk mencari tahu, seorang terapis keluarga menyarankan agar Ibu dan suami menggunakan taktik berbeda yaitu dengan membuat anak Anda berusaha berkata jujur.

Laura Markham, Ph.D, seorang ahli psikologi dan penulis Peaceful Parent, Happy Kids, juga menyatakan bahwa memberi hukuman gara-gara berbohong akan lebih mengajarkan anak untuk menjadi ahli dalam berbohong, karena mereka ingin tidak lagi ketahuan berbohong dan tidak dihukum.

Ada beberapa tips yang diberikan webmd.com untuk membangun hubungan baik dengan anak Anda:
1. Luangkan waktu bersama anak Anda sesering mungkin
Lakukan hal-hal yang anak Anda sukai bersama-sama mungkin main video games atau hanya sekedar jalan-jalan dan duduk di taman.
2. Jangan berlebihan
Awalnya Anda mungkin akan kaget saat anak Anda mengakui perbuatannya. Tapi tahan emosi Anda dulu karena anak akan menilai apakah Anda orang yang tepat untuk teman curhat atau tidak. Memang aka nada konsekuensi dari perbuatannya, tapi menghargai kejujurannya juga penting.
3. Bantu anak Anda memecahkan masalahnya
Jika anak anda bercerita tentang perilaku temannya yang tidak baik, Anda tidak perlu langsung menceramahinya agar ia juga tidak meniru perilaku itu. Tapi, coba tanyakan apakah perbuatan itu baik untuk dilakukan. Berikan dia waktu berpikir sendiri.

Setiap orang tua punya cara sendiri-sendiri dalam menghadapi anak jika berbohong, tapi sebaiknya bentuklah hubungan baik dengan anak atas dasar kepercayaan.

Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading