Sukses

Parenting

Kenapa Imunisasi Sangat Penting Untuk Segera Diberikan?

Bayi Ibu tidak terlambat diberi imunisasi kan? Kita sudah sering mendengar kalau imunisasi bermanfaat untuk mencegah bayi dari berbagai macam penyakit, virus dan bakteri.

Bayi yang baru saja lahir memang bisa mendapatkan manfaat dari kolostrum ataupun ASI ibunya sebagai antibodi, tapi pemberian imunisasi membuat tubuhnya lebih terjaga.

Lalu kenapa sih imunisasi sudah harus diberikan bahkan pada bayi yang baru saja lahir? Apakah tidak sebaiknya menunggu saat ia sudah agak besar saja?

cdc.gov menjelaskan bahwa bayi diberikan imunisasi saat usianya masih sangat muda karena pada saat inilah ia rawan terjangkit suatu penyakit. Bayi yang baru lahir dan mendapatkan antibodi dari ibunya hanya bisa bertahan selama beberapa bulan saja.

Selain itu, kebanyakan bayi tidak mendapatkan perlindungan dari ibu agar terhindar dari penyakit difteri atau infeksi saluran pernafasan, polio atau kelumpuhan, tetanus dan hepatitis B. Jadi, ia tubuhnya akan sangat rentan jika tidak diberi imunisasi.

Sesaat setelah bayi lahir, ia bisa terpapar ribuan kuman serta bakteri di lingkungan sekitarnya setiap harinya. Berbagai macam bakteri ada di mulut dan hidungnya, bayi suka memasukkan jari atau barang-barang ke mulutnya, dan sebagainya. Disitulah ia rawan terkena berbagai macam penyakit.

Tapi jangan khawatir Bunda, sistem imun bayi sudah siap untuk merespon berbagai macam imunisasi yang diberikan padanya. Jadi intinya, pemberian imunisasi itu aman walaupun usianya masih sangat muda dan harus segera diberikan agar ia terhindar dari penyakit.

Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading