Bagaimana Jika Bayi Telat Imunisasi

Kamis, 01 Agustus 2013 06:45

(c) shutterstock

Vemale.com - Bagi ibu-ibu yang sudah paham akan pentingnya imunisasi untuk bayinya itu sangat bagus sekali. Apalagi kalau imunisasi pada bayi diberikan dengan tepat waktu, pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tubuh bayi akan lebih terjaga dari berbagai penyakit.

Tapi, gimana ya kalau Ibu telat membawa adik bayi untuk imunisasi? Babycenter.com menjelaskan bahwa kondisi tubuh adik bayi bisa saja tidak terlindungi pada saat itu, tapi masih aman kok kalau Ibu bisa segera membawanya untuk diimunisasi.

Medicinenet.com juga menjelaskan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memberikan imunisasi jika Ibu kelupaan tentang jadwalnya. Bayi yang sudah mendapat beberapa imunisasi lalu telat pada suntikan berikutnya, bisa menyusul tanpa harus mulai dari awal lagi.

Kalau ada beberapa imunisasi yang terlewat, dokter anak bayi Anda bisa menyarankan agar bayi diberikan imunisasi kombinasi yang bisa dilakukan dalam satu kali suntikan. Hasil yang didapatkan sama saja dengan suntikan terpisah yaitu menghindarkannya dari beberapa virus dan penyakit.

Untuk memudahkan Ibu agar tidak lupa lagi keesokan harinya, buat saja catatan jadwal imunisasi bayi selanjutnya dan sudah berapa kali adik bayi mendapatkan imunisasi. Selain itu, catatan ini juga penting saat adik bayi sudah mulai sekolah agar tahu perkembangan imunisasinya.

Yang wajib Ibu perhatikan sebelum membawa adik bayi untuk imunisasi adalah kebanyakan imunisasi tidak bisa diberikan saat bayi sedang sakit atau demam. Jadi tunggu dulu ya sampai adik bayi sembuh baru deh imunisasi.

Agit Diyanita

(vem/ova)







ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
  • Manfaat Imunisasi Bagi Bayi

    Rabu, 31 Juli 2013 00:21
    Hal terpenting yang perlu kita pastikan bayi kita dapatkan adalah vaksinasi. Seperti yang dilansir www.phac-aspc.gc.ca, vaksinasi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit tertentu yang berbahaya yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

  • Vaksin Hepatitis B Berbahaya bagi Bayi

    Rabu, 31 Juli 2013 00:24
    Vaksin Hepatitis B merupakan salah satu imunisasi pada bayi yang diwajibkan oleh Departemen Kesehatan Republik Indonesia bersamaan dengan vaksin BCG (Tuberkulosis), Polio, DPT (Difteri, Pertusis, Tetanus), dan Campak. 

  • Bagaimana Jika Bayi Telat Imunisasi

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:45
    Bagi ibu-ibu yang sudah paham akan pentingnya imunisasi untuk bayinya itu sangat bagus sekali. Apalagi kalau imunisasi pada bayi diberikan dengan tepat waktu, pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tubuh bayi akan lebih terjaga dari berbagai penyakit.

  • Berikan 5 Imunisasi Wajib Untuk Bayi Anda

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:48
    Selain diberikan ASI eksklusif sebagai antibodinya, pemberian imunisasi untuk bayi juga penting lho. Bunda sudah tahu jenis-jenis imunisasi yang wajib untuk bayi? 

  • Fakta dan Mitos Seputar Imunisasi Bayi

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:49
    Imunisasi sangat penting diberikan sejak bayi. Tapi ada yang bilang inilah itulah tentang kapan imunisasi boleh atau tidak boleh diberikan pada bayi. Daripada Moms bingung, lebih baik baca saja ulasan tentang fakta dan mitos dari nhs.uk.

  • Kenapa Imunisasi Sangat Penting Untuk Segera Diberikan?

    Kamis, 01 Agustus 2013 06:50
    Bayi Ibu tidak terlambat diberi imunisasi kan? Kita sudah sering mendengar kalau imunisasi bermanfaat untuk mencegah bayi dari berbagai macam penyakit, virus dan bakteri.

  • Inilah Makanan Penurun Kekebalan Tubuh

    Minggu, 14 Agustus 2011 07:00
    Beberapa makanan semakin menguatkan sistem imun, namun beberapa makanan juga sanggup menurunkan kekebalan tubuh Anda.

  • Tips Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh Anak

    Sabtu, 08 Oktober 2011 07:00
    Sistem kekebalan tubuh bertanggung jawab untuk menjaga tubuh agar aman dari serangan penyakit. Meski begitu, anak anak tidak terlahir dengan sistem kekebalan tubuh.

  • Aneka Vaksin Bayi dan Jadwal Imunisasi

    Selasa, 28 September 2010 07:00
    Selain ASI, bayi dan balita juga perlu diberi imunisasi. Untuk apa sih sebenarnya imunisasi?

  • Pentingnya Membangun Imunitas Sejak Dini

    Kamis, 30 Oktober 2008 11:02
    Menyadari pentingnya imunitas bagi proses pertumbuhan yang sehat pada setiap anak, maka Nutrilon Royal 3, susu pertumbuhan dari Nutricia, meneruskan komitmennya untuk menumbuhkan kesadaran menjaga kesehatan saluran cerna dalam membangun imunitas anak sejak dini.

 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.