Bagaimana Jika Bayi Telat Imunisasi

Kamis, 01 Agustus 2013 06:45

(c) shutterstock

Vemale.com - Bagi ibu-ibu yang sudah paham akan pentingnya imunisasi untuk bayinya itu sangat bagus sekali. Apalagi kalau imunisasi pada bayi diberikan dengan tepat waktu, pasti hasilnya akan lebih maksimal dan tubuh bayi akan lebih terjaga dari berbagai penyakit.

Tapi, gimana ya kalau Ibu telat membawa adik bayi untuk imunisasi? Babycenter.com menjelaskan bahwa kondisi tubuh adik bayi bisa saja tidak terlindungi pada saat itu, tapi masih aman kok kalau Ibu bisa segera membawanya untuk diimunisasi.

Medicinenet.com juga menjelaskan bahwa tidak ada kata terlambat untuk memberikan imunisasi jika Ibu kelupaan tentang jadwalnya. Bayi yang sudah mendapat beberapa imunisasi lalu telat pada suntikan berikutnya, bisa menyusul tanpa harus mulai dari awal lagi.

Kalau ada beberapa imunisasi yang terlewat, dokter anak bayi Anda bisa menyarankan agar bayi diberikan imunisasi kombinasi yang bisa dilakukan dalam satu kali suntikan. Hasil yang didapatkan sama saja dengan suntikan terpisah yaitu menghindarkannya dari beberapa virus dan penyakit.

Untuk memudahkan Ibu agar tidak lupa lagi keesokan harinya, buat saja catatan jadwal imunisasi bayi selanjutnya dan sudah berapa kali adik bayi mendapatkan imunisasi. Selain itu, catatan ini juga penting saat adik bayi sudah mulai sekolah agar tahu perkembangan imunisasinya.

Yang wajib Ibu perhatikan sebelum membawa adik bayi untuk imunisasi adalah kebanyakan imunisasi tidak bisa diberikan saat bayi sedang sakit atau demam. Jadi tunggu dulu ya sampai adik bayi sembuh baru deh imunisasi.

Agit Diyanita

(vem/ova)






ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.