Sukses

Parenting

Manfaat Imunisasi Bagi Bayi

Hal terpenting yang perlu kita pastikan bayi kita dapatkan adalah vaksinasi. Seperti yang dilansir www.phac-aspc.gc.ca, vaksinasi bermanfaat untuk melindungi tubuh dari penyakit tertentu yang berbahaya yang bahkan dapat menyebabkan kematian.

Vaksinasi dapat menciptakan sistem immune (daya kekebalan tubuh) yang melindungi tubuh dari infeksi suatu penyakit tanpa menyebabkan penderitaan akibat penyakit itu sendiri. Oleh karena itu, vaksinasi sering disebut juga imunisasi.

Di dalam vaksin yang dimasukkan ketubuh bayi, itu sendiri sebenarnya adalah bakteri bibit penyakit. Tentu saja bukan bakteri jahat. Tetapi bakteri yang lemah atau yang sudah mati.

Dengan memiliki bakteri dalam tubuh, secara alami tubuh akan membentuk pertahanan diri yang disebut antibody. Antibody ini akan melumpuhkan bakteri serupa yang akan menimbulkan penyakit.

Antibody akan mengingat bagaimana cara memerangi bakteri seperti bakteri yang telah dilumpuhkannya. Bakteri akan tinggal lama di dalam tubuh. Bahkan ketika bakteri jahat pada suatu hari nanti masuk ke dalam tubuh, antibody akan tahu cara mengatasinya.

Imunisasi sangat penting karena dapat mencegah bayi terjangkit 13 penyakit yang berbahaya, yaitu: difteri, tetanus, pertusis, polio, Haemophilus influenzae tipe b (Hib), campak, gondok, Rubella (campak Jerman), Cacar, Hepatitis B, penyakit pneumokokus, penyakit meningokokus, dan Influenza (Flu).

Nah, bermanfaat banget kan ladies imunisasi itu? Tidak perlu perfikir dua kali untuk memberikan imunisasi pada anak kan?

Handayani Rahayuningsih

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading