Sukses

Parenting

Tips Mendisiplinkan Anak

Impian setiap orang tua adalah mempunyai anak yang penurut dan manis, baik hati serta suka menolong. Namun banyak orang tua sering merasa dan mengalami bahwa anak mereka suka nakal dan tidak mau menurut.

Situs aboutkidshealth.ca memberi beberapa tips agar anak anda menjadi lebih menurut dan baik. Hal ini pun dapat memperbaiki dan meningkatkan kualitas hubungan anak dan orang tua di masa depan.
1. Pujilah perilaku positif mereka. Dengan begitu mereka tahu bahwa anda menghargai mereka, dan tidak hanya suka memarahi mereka saja.
2. Jangan memberi peringatan omong kosong. Artinya, jika anda telah memperingatkan mereka karena mereka telah melakukan sesuatu yang salah, anda harus berani memarahi mereka dan konsekuen dengan hukuman yang telah anda terapkan.
3. Konsisten dengan aturan yang anda buat. Jangan mengubah-ubah peraturan yang telah anda susun dan katakan pada anak anda. Itu akan membuat mereka semakin seenaknya dan meremehkan nasehat-nasehat anda.
4. Toleransilah perbuatan yang masih sesuai dengan usia mereka. Batas antara berbuat nakal dan perilaku anak-anak yang senang bermain dan masih polos haruslah jelas. Hendaknya jangan memarahi mereka untuk hal-hal yang tidak begitu signifikan.
5. Jangan membentak anak anda. Apapun yang terjadi, semarah apapun anda, sebisa mungkin hindari membentak atau menggunakan kata-kata kasar, karena itu akan melukai hati mereka dan hanya akan menambah rasa benci, dan bukannya rasa hormat pada anda.
6. Tunjukkan rasa sayang anda pada anak setelah memberi hukuman. Dengan begini, mereka akan tahu bahwa yang anda benci adalah perbuatan mereka yang salah, dan bukan diri mereka pribadi.

Oleh: Isdiana Zulidha

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading