Sukses

Parenting

Makanan Padat Bergizi Untuk Bayi Umur 7-9 Bulan

Adik bayi sudah mulai bisa menguyah ya Bunda? Memang saat bayi berumur 7-9 bulan bayi sudah mulai bisa mengunyah dengan menggerakkan rahang atas dan bawahnya, menggantikan gerakan seperti saat ia minum susu atau makan bubur.

Di saat itu juga adik bayi juga sudah mulai bisa menggambil dan memasukkan makanan sendiri ke mulutnya. Nah, disitulah saat yang pas bagi bunda untuk memberinya makanan padat berukuran kecil atau yang biasa disebut finger food.

Bunda akan melihat kalau ia mulai menggambil makanannya dengan telapak tangan bukan jari-jarinya. Jadi, Bunda harus pintar-pintar memilih finger food yang pas, karena kalau tidak bisa-bisa ia hanya melumatkan makanan itu ditangannya dan mulutnya jadi belepotan.

Earthbest.com menyarankan agar adik bayi diberi biskuit yang mudah lumer dan potongan roti panggang misalnya untuk memudahkannya memegang makanan padat. Saat inilah adik bayi juga berlajar kemampuan motoriknya.

Semakin lama, bayi bisa diberikan makanan yang lebih keras dari sebelumnya, tapi masih relatif empuk seperti kentang rebus atau irisan keju bentuk korek api. Hal ini dikarenakan agar kemampuan motorik bayi juga semakin meningkat, jika dibandingkan saat kita hanya memberinya makanan yang cepat lumer.

Dan yang terpenting Bunda, pastikan makanan padat tersebut mengandung protein seperti tahu dan kalsium yang bisa didapat dari produk olahan susu sepertu keju. Yoghurt juga bagus bagi bayi, tapi pilih plain yoghurt atau yoghurt tawar saja karena tanpa pemanis. Jus buah dan sayur juga baik lho Bun.

Well, simple kan Bunda.

Oleh: Agit Diyanita

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading