Makanan yang Harus Dihindari Saat Menyusui I

Rabu, 24 Juli 2013 19:43

(c)shutterstock

Vemale.com - Mengonsumsi berbagai macam makanan pada saat menyusui memang dianjurkan bagi ibu menyusui agar bayi anda mendapat berbagai macam nutrisi. Tetapi, terkadang bayi anda tidak dapat menolerir semua makanan yang anda konsumsi. Berikut adalah beberapa makanan yang sebaiknya anda hindari pada saat menyusui yang dihimpun dari babyzone.com.

•    Jeruk
Jeruk memang mengandung vitamin C yang baik bagi untuk meningkatkan energi ibu maupun baik bagi si kecil. Namun, kandungan asam yang terlalu tinggi pada jeruk dapat mengganggu sistem pencernaannya yang masih belum sempurna. Sebaiknya kurangi makan jeruk dan dapatkan vitamin C pada buah lain seperti manga dan papaya.

•    Brokoli
Meskipun brokoli mengandung antioksidan yang baik bagi tubuh, namun brokoli dan kembang kol dapat menyebabkan perut bayi anda mulas. Cobalah untuk mengurangi porsi brokoli anda dalam masakan yang anda makan. Jika mulas pada bayi anda tak kunjung sembuh, sebaiknya hentikan makan brokoli.

•    Makanan Pedas
Makanan pedas memang sangat nikmat di lidah, namun tidak bagi bayi mungil anda. Rasa ASI ditentukan oleh apa yang anda makan, jadi bayi anda bisa saja menjadi rewel karena ASI tiba-tiba terasa pedas. Makanan pedas juga tidak ramah bagi pencernaan bayi anda yang masih belum sempurna.

•    Bawang Putih
Bau bawang putih memang terasa nikmat bagi anda, namun bayi anda bisa saja tidak mau menerima bawang putih sebagai rasa dari ASI. Sebab bawang putih memiliki aroma yang sangat kuat dan bayi anda mungkin saja tidak menyukainya. Jika bayi anda terlihat rewel setelah anda makan bawang putih, sebaiknya kurangi konsumsi bawang putih anda.

Oleh Lies Nureni

(vem/sfg)






ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
 1  2  3  4  5  6  7  Next  Last 

© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.