Sukses

Parenting

Kalsium untuk Ibu Menyusui

Bagi anda yang sedang dalam masa menyusui, sudahkah anda tahu bahwa tubuh anda dan bayi anda membutuhkan kalsium yang cukup? Kebutuhan kalsium bukan hanya penting untuk ibu namun juga untuk perkembangan dan penguatan tulang pada bayi. Sudahkah kalsium anda terpenuhi?


Berdasarkan www.osteoporosis.emedtv.com, selama proses kehamilan, tulang tubuh ibu melemah sehingga membutuhkan kalsium yang cukup untuk mengembalikan kekuatan tulang tubuh. Bukan hanya itu saja, anak juga membutuhkan nutrisi kalsium yang cukup dari ASI ibu untuk perkembangan tulang. Sehubungan dengan hal tersebut, seorang ibu yang menyusui membutuhkan kalsium dengan jumlah yang cukup.


Seperti yang terangkum di www.ucsfhealth.org, seorang ibu membutuhkan AI (Adequate Intake) kalsium sebesar 1300 mg per hari. Kebutuhan kalsium ibu menyusui dapat diperoleh dari makanan-makanan yang mengandung kalsium atau dari beberapa multivitamin. Ketika anda mengkonsumsi makanan, hendaknya anda membaca kandungan kalsium dari label makanan sehingga kebutuhan kalsium anda dapat terkontrol.


Adapun beberapa sumber kalsium yang berasal dari makanan versi www.ucsfhealth.org adalah sebagai berikut:

  • susu
  • yogurt
  • keju
  • jus jeruk berkalsium tinggi
  • tahu berkalsium tinggi

Adapun berdasarkan www.parenting.kidspot.com.au, meningkatkan jumlah kalsium dalam tubuh juga disarankan karena kalsium juga merupakan komponen penting atas ASI yang diproduksi oleh ibu. Beberapa makanan yang mengandung kalsium tinggi adalah produk-produk susu seperti susu, keju, dan yogurt. Bukan hanya itu saja, susu kedelai juga mengandung kalsium yang tinggi sehingga bagus untuk dikonsumsi.

Oleh: Zurriat Nindy

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading