Sukses

Parenting

Infeksi Jamur: Seberapa Bahaya?

Saat payudara Anda terutama puting terserang jamur, hal ini disebabkan oleh meningkatnya perkembangbiakan orgamisme Candida. Candida ini merupakan organisme alami yang terdapat pada tubuh manusia untuk menjaga tubuh tetap sehat. Saat terjadi ketidakseimbangan populasi, maka Candida akan bertambah banyak yang bahkan menyebabkan infeksi jamur.

Ada tanda-tanda yang dapat Anda rasakan jika mulai terserang infeksi jamur. Menurut womensheatlh.gov., bagian puting Anda akan terasa nyeri selama beberapa hari—meskipun bayi Anda telah menyusu dan mengisap puting susu Anda dengan posisi yang benar. Sakit ini dapat timbul secara tiba-tiba dan tidak muncul secara bertahap.

Muncul tanda-tanda infeksi jamur seperti munculnya warna merah muda yang alami pada payudara. Bercak ini akan terasa kering dan berlapis-lapis, sedikit mengkilap, dan disertai rasa gatal. Selain itu, lapisan yang kering itu akan membentuk pola retak-retak dan dapat juga melepuh. Saat dan setelah menyusui, Anda dapat merasakan rasa yang amat nyeri.

Beberapa hal dapat menyebabkan pertumbuhan jamur Candida yang tidak terkontrol tersebut, baik dari tubuh Anda maupun luar tubuh. Dari tubuh Anda, mungkin Anda mempunyai HIV, diabetes, atau anemia. Jika terdapat infeksi jamur di mulut bayi Anda, maka kemungkinan besar akan menular juga ke puting Anda. Selain itu kondisi payudara yang lembab juga dapat menimbulkan jamur ini.

Jamur yang tumbuh di mulut bayi ditandai dengan adanya bercak berwarna putih yang muncul di daerah pipi bagian dalam, gusi atau lidah. Bayi dengan infeksi jamur akan umumnya akan sering menolak untuk menyusu. Selain di mulut, tanda-tandanya juga bisa muncul sebagai bercak kemerahan pada area yang terkena popok.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading