Sukses

Parenting

Tips Menyusui Bayi yang Sudah Mulai Tumbuh Gigi

Gigi bayi mulai tumbuh, yang disertai dengan rasa tidak nyaman pada gusi yang membuat bayi sering meneteskan air liur dan menggigit serta memasukkan benda-benda ke mulutnya.

Jika dia menggigit puting Anda? Eits, jangan takut dulu. Singkirkan dulu pikiran untuk menyapih, karena berikut ini ada tips dari modernmom.com yang dapat Anda gunakan untuk tetap nyaman saat menyusui.

• Menggunakan Teething Ring atau Handuk Basah

Bayi yang mulai tumbuh gigi akan merasakan tidak nyaman pada gusinya. Sebelum neyusuinya, berikan teething ring atau mainan yang digunakan untuk anak yang beru tumbuh giginya untuk digigit, atau pijatlah bagian gusinya dengan handuk basah dingin untuk meredakan nyerinya. Hal ini dapat meminimalisri kemungkinan dia untuk menggigit puting Anda ketika menyusui. Jika dia menggigit, jangan tiba-tiba lepaskan dia dari payudara, Namun lepaskan perlahan dengan terlebih dahulu mengganjal dengan dua jari Anda diatara multunya dan payudara, kamudian berikan teething ring agar dia belajar bahwa puting tidak untuk digigit.

• Pehatikan Tanda-tanda

Menggingit ini dapat digunakan sebagi pertanda bahwa dia sudah kenyang, terganggun, dan bosan selama saat disusui. Ketika bayi tidak fokus pada menyusu dan sibuk memperhatikan hal lain, serta berhenti menghisap, segera lepaskan hisapannya dari puting. Kenali juga tanda jika dia menarik lidahnya ke dalam mulutnya. Saat menyusui, lidah bayi akan berada di bawah puting tepat, diantara gusi dan lidahnya dan payudara bagian bawah—posisi ini akan mencegahnya untuk menggigit. Jika lidahnya tidak berada pada posisi yang tepat, Anda dapat mereposisi dan melepaskan hisapannya untuk sementara.

• Posisi Menyusui

Posis menyusui yang pas akan menghindarkannya dari rasa tidak nyaman yang berakibat pada menggigit puting.

Oleh: Zurriat Nyndia

(vem/ova)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading