Sukses

Parenting

Mencegah Munculnya Infeksi Ragi Pada Payudara Selama Menyusui

Salah satu penyebab munculnya infeksi ragi atau sejenis sariawan pada payudara dan puting adalah infeksi itu sendiri yang ditularkan oleh bayi Anda ketika dia menyusu. Infeksi ini yang muncul pada mulut bayi biasanya berupa titik putih yang berada di bagian dalam mulut di bawah pipi, pada gusi, atau pada lidah. Banyak bayi yang tengah menderita infeksi ini tidak mau menyusu dan kalaupun mau, kemungkinan lambungnya terisi banyak gas dan dia akan terus-terusan rewel.

Infeksi ragi pada bayi tidak hanya muncul pada mulut mereka tetapi juga pada area di mana popok mereka melekat. Infeksi yang muncul pada area tersebut biasanya terlihat seperti bintik-bintik merah kecil yang mengelilingi ruam utama mereka yang mana tidak akan hilang hanya dengan mengoleskan krim anti ruam.

Hal yang dapat Anda lakukan jika Anda ingin mencegah datangnya infeksi ini atau paling tidak menghambat pertumbuhan infeksi ini adalah dengan mengikuti saran yang diberikan oleh www.womenshealth.gov. mengingat infeksi ragi ini memerlukan beberapa minggu untuk disembuhkan, Anda tentunya harus berhati-hati dan ingin mempertimbangkan saran yang akan ditawarkan.

Pertama, gantilah pengganjal payudara Anda sesering mungkin dan gunakan bra yang bersih setiap harinya. Kedua, cucilah semua handuk atau pakaian yang memungkinkan sebagai tempat di mana spesies candida, penyebab infeksi ragi, dapat bersarang dengan menggunakan air sangat panas. Cuci juga tangan Anda dan bayi Anda sesering mungkin apalagi jika dia menyedoti tangannya sendiri.

Terakhir, rebuslah semua alat pemompa ASI yang terkena susu setiap hari.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading