Sukses

Parenting

Menangani Pembengkakan Pada Payudara

Tentunya akan sangat menyiksa jika harus merasakan pembengkakan payudara paska melahirkan. Dalam fase-fase awal menyusui ini, memang merupakan saat-saat yang sangat menyiksa bagi seorang ibu. Kalau Anda ingin segera menghilangkan rasa sakitnya, Anda bisa melakukan beberapa tips berikut.

Mari kita mulai dari hal yang sederhana, yakni menyusui dengan rutin dan lebih sering. Breastfeedingbasics.com menyarankan untuk menyusui 10 hingga 12 kali dalam waktu 24 jam. Ini artinya Anda harus menyusui setidaknya setiap 1,5 hingga 2 jam-an.

Lanjutkan untuk menyusui 15 menit kalau Anda menyusui untuk pertama kali. Tapi untuk kedua kalinya, tidak perlu Anda berikan batasan waktu dan biarkan si Buah hati menikmati ASI-nya.

Anda juga boleh melakukan variasi dalam cara menyusui. Tujuannya, agar Anda lebih nyaman ketika menyusui berulang-ulang. Karena Anda bisa saja akan merasa sangat lelah, terutama pada pundak dan lengan ketika menyusui untuk waktu yang lama.

Untuk mengurangi rasa sakit atau panas pada payudara, Anda bisa menyeka area sekitar payudara. Agar rasanya lebih segar dan sedikit menghilangkan rasa panas dan sakitnya. Caranya, bisa Anda simpan handuk basah selama 20 menit di freezer.

Lalu, kompres sekitaran payudara Anda dengan handuk itu setidaknya 2 jam an. Pending lagi kira-kira 15 hingga 20 menit. Selanjutnya lakukan berkali-kali.

Mungkin, pada saat seperti ini, suami bisa membantu untuk ikut merawat Anda. Sekaligus melihat sendiri ketika Anda sedang menyusui. Tentunya, sang Suami bisa memberikan pengertian atas apa yang sedang Anda rasakan, apalagi hal ini akan lebih membuat kehidupan rumah tangga Anda semakin romantis. Bukan begitu?

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading