Sukses

Parenting

Infeksi Ragi Pada Ibu Menyusui

Infeksi ragi, atau biasa disebut candidiasis atau sejenis sariawan adalah penyakit yang muncul pada puting atau payudara Anda yang tumbuh kerena ASI Anda. Infeksi terbentuk karena pertumbuhan spesies Candida. Spesies ini sebenarnya ada pada tubuh manusia dan disimpan pada tingkat yang masih tergolong sehat yang dilakukan oleh bakteri alami dalam tubuh. Ketika keseimbangan bakteri alami terganggu, Candida dapat berkembang tak terkendali dan menyebabkan infeksi.

Womenshealth.gov menyatakan bahwa tanda utama dari infeksi ragi adalah munculnya rasa sakit pada puting yang berlangsung selama lebih dari beberapa hari, bahkan ketika Anda sudah memastikan bahwa bayi Anda sudah menyusu dengan baik dan benar. Gejala lainnya adalah jika Anda mungkin tiba-tiba puting Anda terasa sangat sakit setelah beberapa minggu Anda lalui ketika menyusui tanpa ada rasa sakit sama sekali.

Tanda lain dari infeksi ini dapat berupa warna pink, gatal-gatal, puting yang terlihat seperti pecah, atau puting yang berwarna pink gelap dan seperti terbakar. Mungkin juga Anda merasakan gatal-gatal pada payudara Anda atau sakit menusuk yang terasa jauh di dalam payudara Anda selama atau setelah Anda memberikan ASI.

Yang menyebabkan infeksi ini mungkin adalah antibiotic atau penyakit kronis seperti diabetes atau anemia. Penyebab lainnya adalah kelembaban yang cukup tinggi pada kulit atau puting Anda lain. Penyebab lainnya adalah infeksi yang sebenarnya ada pada mulut bayi Anda yang pada akhirnya menular pada puting dan payudara Anda.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading