Sukses

Parenting

Botol Susu Untuk Bayi, Aman Atau Tidak?

Apakah botol plastik si bayi yang biasa digunakan untuk mengonsumsi susu aman untuknya? Mungkin hal tersebut yang banyak terlintas dipikiran ibu yang memberikan susu formula kepada si bayi.

Karena wadah susu formula dan botol plastik si anak mengandung bahan polikarbonat yang kan menghasilkan bahan kimia bisphenol A atau yang bisa disebut dengan BPA. Penelitin yang dilakukan kepada hewan bahan BPA yang terdapat dalam makanan atau minuan tidak aman untuk dikonsumsi.

Apalagi, susu cair yang terdapat dalam botol tersebut bersentuhan langsung dengan botol pelastik bukan? Secara otomatis, si kecil akan mengkonsumsi BPA yang tercampur dalam botolnya. Itu terjadi karena temperature air panas yang terdapat dalam botol membuat kandungan BPA tersebut keluar dan bercampur dengan susu Formula.

Ada kabar gembira nih Ladies, karena pemerintah AS dan industri kimia dalam babycenter.com mengatakan bahwa kandungan BPA pada manusia sangat rendah dan produk botol susu pelastik tersebut aman untuk digunakan.

Namun, para ahli medis, ilmuan dan ahli lingkungan tetap tidak setuju dengan bahan BPA yang digunakan untuk peralatan pokok bayi dan mereka ingin agar para produsen botol susu plastik agar meniadakan bahan tersebut dalam proses pembuatannya.

Lalu, mengapa BPA itu penting untuk dibahas? Karena, penelitian yang dilakukan pada hewan menunjukan bahwa kandungan BPA sedikit apapun pada makanan yang masuk dalam tubuh akan berakibat pada perkembangan otak, sistem reproduksi, dan sistem imun atau sistem kekebalan tubuh.

Penelitian yang dilakukan di laboratorium bahkan menunjukan bahwa kandungan BPA dapat meningkatkan risiko kanker, menurunkan tingkat kesuburan, dan hiperaktif.

So Ladies, pertimbangkan lagi saat Anda ingin menggunakan botol pelastik ya.

Oleh: Gilang Pratiwi

(vem/rsk)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading