Sukses

Parenting

Mengenal Lebih Dekat: Mastitis

Menyusui merupakan saat-saat yang paling menyenangkan bagi setiap wanita di seluruh dunia. Namun, tak jarang seuatu yang kurang menyenangkan juga terjadi pada saat ibu menyusui si kecil. Seperti misalnya terjadi penyumbatan saluran ASI, ASI yang terlalu banyak keluar, hingga peradangan pada kelenjar payudara atau mastitis.

Seperti yang dihimpun dari breastfeeding-magazine.com, mastitis adalah peradangan pada kelenjar payudara yang disebabkan oleh ASI yang sulit atau belum siap untuk dikeluarkan. Penyebab terjadinya mastitis antara lain adalah penyumbatan pada saluran ASI, puting yang seperti retak, serta produksi ASI yang terlalu banyak.

Perubahan jadwal si kecil untuk minum ASI seperti tiba-tiba tidur sangat lama juga menjadi salah satu faktor penyebab mastitis. Mastitis memberikan efek pada ibu seperti kelelahan yang tiba-tiba, flu, demam, pusing, serta nyeri pada otot. Area yang terkena peradangan akan menjadi berwana kemerahan dan terkadang juga membengkak.

Ladies sekalian, jika anda mengalami peradangan pada kelenjar payudara seperti ini sebaiknya segera kunjungi dokter anda supaya anda segera mendapatkan perawatan yang terbaik. Serta jangan lupa untuk tetap memberikan ASI pada buah hati anda meski payudara anda terkena mastitis.

Oleh: Lies Nureni

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading