Sukses

Parenting

Menyusui dan Pola Makan

Setelah menyusun pola makan dan menu makanan sehat yang baik untuk janin di dalam kandungan Anda, tak ada salahnya jika Anda meneruskan pola makan tersebut setelah bayi Anda lahir dan selama masa menyusui.

Menurut www.nhs.uk, Anda tidak perlu mengkonsumsi makanan tertentu ketika Anda dalam masa menyusui. Akan tetapi, pola makan yang sehat serta menu makanan yang seimbang gizinya dapat dapat pertimbangkan. Untuk ibu menyusui, pola makan yang sehat mengandung berbagai macam buah, serat, protein, dan cairan.

Untuk buah dan sayur, setidaknya ibu menyusui mengkonsumsi 5 porsi makan yang terdiri atas sayur dan buah, baik yang sudah dibekukan, yang masih segar, yang sudah dikeringkan, atau jus tanpa pemanis tambahan. Untuk makanan utama, nasi, pasta, kentang, atau roti gandum utuh dapat menjadi pilihan setiap harinya.

Ibu menyusui juga memerlukan serat karena kebanyakan dari mereka memiliki masalah dengan saluran pencernaan dan sembelit. Anda dapat memperoleh serat yang cukup jika Anda mengkonsumsi makanan yang telah disebutkan. Untuk asupan protein, ibu menyusui dapat memperolehnya dari daging sapi, ayam, ikan, dan telur. Sebaiknya Anda mengkonsumsi paling tidak mengkonsumsi 2 porsi ikan dalam satu minggu.

Selain makanan padat, Anda juga perlu mengkonsumsi berbagai makanan yang merupakan hasil olahan susu seperti keju dan yogurt. Makanan tersebut mengandung kalsium dan sumber protein. Sebagai tambahan, ibu menyusui harus memperoleh cairan yang cukup. Minumlah setelah Anda menyusui. Air, susu, dan 100% jus tanpa pemanis tambahan merupakan pilihan yang tepat untuk pasokan cairan tubuh Anda.

Oleh: Ratih Kristianasari

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading