Sukses

Parenting

Kemampuan Memory Anak Sudah Dimulai Sejak Tiga Tahun

Kecerdasan anak terkait dengan memori ternyata sudah terbentuk sejak mereka berusia tiga tahun. Bahkan anak-anak sudah muali mengasah kemamuan mereka untuk mengingat meskipun mereka hanya terlihat diam.

Seperti dilansir oleh medicalxpress.com, anak berusia tiga tahun ternyata sudah mampu mengingat 1,3 objet yang dilihat. Seiring berjalannya usia, kemampuan ini pun juga meningkat. Pasalnya, anak usia empat tahun sudah mampu meningkat 1,8 objek yang ada. Sedangkan orang dewasa mampu mengingat 3-4 objek.

Hasil tersebut didapatkan setelah diadakannya studi visual working memory guna menguak daya ingat mereka terhadap lingkungan. Dan hasilnya pun cukup mengejutkan seperti apa yang telah dipaparkan dia atas.

Pasalnya, kegiatan semacam ini ternayata tidak semata-mata bisa terlihat dengan jelas, melainkan terjadi hamper setiap saat. Anak-anak sendiri ternyata lebih sering berpikir dan mengingat-ingat objek yang mereka lihat pada saat mereka diam. Hal ini lah yang kemudian mengasah daya ingat mereka.

Selain itu, penelitian dengan melakukan studi tersebut, object matching, juga mampu melihat lebih jauh ke dalam otak anak. Dengan penelitian semacam itu, para ilmuwan pun mampu melihat adanya kelainan pada anak seperti disorder, hiperaktif maupun autism.

Bahkan lebih jauh lagi penelitian ini pun juga bisa melihat adanya kemampuan pikir spasial pada anak usia empat tahun dan mengetahui bahwa kortex bagian depan merupakan bagian yang sangat penting bagi daya ingat anak-anak.

Oleh: Wahyu Wienanda

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading