Apakah Film Horor Baik Untuk perkembangan Anak?

Kamis, 04 Juli 2013 06:58

(c) shutterstock.com

Vemale.com - Televisi nampaknya sudah menjadi media yang hampir pasti tersedia di setiap rumah. Tidak jarang pula, anak-anak belajar dan berkembang melalui media tersebut.

Meski begitu, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait tontonan anak yang notabene memiliki andil besar terhadap perkembangan mereka. Salah satu tayangan yang bisa disaksikan oleh anak adalah film-film horor maupun cerita misteri.

Pata orang tua sering bertanya apakah film-film horor memiliki dampak baik terhadap perkembangan psikologi anak? Ternyata menurut Sara Wilford, seorang pengajar dan psikolog, seperti dilansir oleh babycenter.com, bahwa film horor memiliki dampak yang cukup postif untuk perkembangan psikologi anak.

Akan tetapi, orang tua diharapkan membacakan cerita tersebut terlebih dahulu sebelum memperbolehkan anak menonton filim-filim bergenre misteri. Pasalnya, ketakutan anak biasanya lebih kuat pada saat ia melihat visualisasi dari tokoh-tokoh di dalam film misteri.

Akan tetapi, dengan membacakan cerita film terlebih dahulu anak akan memiliki persiapan mental yang lebih dan lebih berani dalam menghadapi rasa takut yang mungkin mereka miliki.

Selain itu, menonton film sendiri juga memiliki dampak yang positif untuk perkembangan kejiwaan anak. Anak akan mampu mengembangkan strategi untuk menghadapi masalah psikologis seperti marah, sedih akibat ditinggal orang tua bekerja, dan bahkan mampu meningkatkan motivasi mereka untuk meraih cita-cita.

Biasanya apa yang anak-anak lihat dari menonton film di televisi akan mereka aplikasikan pada saat mereka bermain maupun terjun ke pergaulan dengan teman sebaya.

Oleh: Wahyu Winanda

(vem/tyn)






ARTIKEL TERKAIT - PARENTING DAN BAYI
 1  2  3  4  5  6  7  8  9  10  Next  Last 


© 2003-2014 Vemale.com. Hak cipta dilindungi undang-undang.