Sukses

Parenting

Apakah Energy Drinks Baik Untuk Anak?

Energy drinks atau minuman berenergi yang banyak diiklankan di TV dan yang mudah ditemukan di toko-toko terdekat mungkin akan banyak menarik perhatian anak-anak.

Warnanya yang menarik perhatian, rasanya yang manis dan menyegarkan, dan didukung oleh banyaknya iklan yang menunjukkan berbagai kelebihan yang dimiliki minuman satu ini, mungkin akan membuat anak, terutama bagi mereka yang aktif berolahraga, ingin sering-sering mengkonsumsinya.

Namun, tahukah anda bahwa konsumsi energy drinks yang berlebihan pada anak dapat mengakibatkan beberapa efek negatif? Menurut situs kidshealth.org, pada umumnya minuman berenergi ini mengandung kadar gula dan kafein yang tinggi.

Anda mungkin sudah banyak mendengar bahwa kadar gula yang berlebih dalam tubuh akan menjadi penyebab berbagai penyakit. Bagi anak-anak, kegemukan dan kerusakan gigi merupakan dua dari banyak akibat tersebut.

Lalu bagaimana dengan kafein? Apakah zat ini juga tidak baik untuk anak?

Masih dalam situs kidshealth.org, terdapat sejumlah efek negatif kafein jika orang dewasa yang mengkonsumsinya. Antara lain:

  • merasa tidak tenang atau nerves
  • perut terasa mulas
  • sakit kepala
  • susah konsentrasi
  • susah tidur
  • sering buang air besar

Nah, jika orang dewasa saja mendapat sejumlah masalah karena konsumsi kafein yang berlebihan, bagaimana dengan anak-anak? Tentu efek yang menimpa akan jauh lebih parah.

So, bagi para orang tua yang memiliki anak yang aktif dalam kegiatan olah raga, mulai sekarang biasakanlah agar mereka tidak terlalu sering meminum minuman jenis ini. Akan lebih baik jika sejak awal mereka dibiasakan untuk minum air putih saja.

Oleh: Alfi Suci D.

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading