Sukses

Parenting

Memantau Berat Badan Bayi

Siapa mengira bila memiliki bayi lucu, imut dan menggemaskan bisa membuat kita bangga. Namun, apakah Anda tahu bahwa bayi juga bisa memiliki resiko obesitas?

Ladies, cara termudah untuk mengetahui apakah bayi Anda terkena obesitas adalah dengan menghitung jumlah lipatan di tubuh mereka, terutama di bagian dagu. Selain itu, Anda juga bisa melihat seberapa tembem pipi anak Anda.

Namun, kita harus tahu ukuran berat badan ideal bayi. Sebenarnya ada banyak situs yang menyediakan alat hitung berat badan bayi. Medindia.net, contohnya, menyediakan program untuk menghitung berat badan yang disesuaikan oleh umur, dan jenis kelamin.

Tapi kita juga harus mempertimbangkan konversi tersebut, terutama karena kita berasal dari ras Mongoloid dan kebanyakan konversi diperuntukkan ras kaukasoid.

Selain itu, Anda juga bisa memantau pertumbuhan bayi Anda dengan memahami tabel konversi, yang biasanya juga dilampirkan dalam posyandu. Di tabel tersebut, kita bisa membaca informasi mengenai tinggi dan berat badan bayi ideal.

Seperti yang dilansir oleh Medindia.net, hal lain yang perlu diperhatikan dalam memantau perkembangan berat badan anak adalah dengan tidak salah membandingkan. Pasalnya, bayi laki-laki cenderung lebih berat 0.3 kilogram dibandingan berat standard, dan bayi perempuan rata-rata memiliki berat 0.3 kilogram di bawah standard.

Dengan rajin memantau berat badan bayi, maka Anda bisa menghindarkan bayi Anda dari obesitas.

Oleh: Nastiti Prima

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading