Sukses

Parenting

Sabun Bahayakan Kesehatan Anak

Ladies, kebersihan memang yang utama ya. Apalagi yang menyangkut si buah hati, harus benar-benar diperhatikan.

Seperti yang kita ketahui, ada berbagai macam kandungan bahan kimia di dalam sabun yang kita gunakan sehari-hari. Namun seringkali kita tidak terlalu memperhatikan bahan kimia yang ada di salam sabun. Tak jarang, kita menganggap penggunaan sabun terlalu sering tidak akan berbahaya bagi kesehatan anak.

Dailimail.co.uk baru-baru ini menunjukkan fakta mencengangkan bahwa bahan-bahan kimia di dalam sabun ternyata berbahaya untuk kesehatan anak. Sebuah penelitian menunjukkan bahwa anak-anak yang terlalu sering kontak dengan sabun cenderung rentan terkena alergi.

Kira-kira apa ya penyebabnya?

Zat kimia Bisphenol A (BPA) yang ada di dalam sabun akan menurunkan sistem imun dalam tubuh. BPA adalah zat kimia yang umumnya digunakan untuk membuat plastik dan juga kaleng makanan. Wah, wah, perlu hati-hati nih, Ladies.

Penelitian juga membuktikan bahwa semakin tinggi kadar triclosan pada sabun, semakin berbahaya untuk anak-anak. Dr Allison Aiello dari Universitas Michigan menjelaskan sisi negatif dari gaya hidup yang terlalu bersih.

Dia mengemukakan bahwa gaya hidup yang sangat bersih akan membunuh mikro-organisme. Mikro-organisme tersebut memegang peranan yang sangat penting dalam perkembangan sistem imun tubuh.

Pengalaman baru nih buat kita, Ladies. Mari kontrol anak-anak kita, jangan sampai mereka kontak dengan sabun terlalu sering. Selain itu, kita juga harus hati-hati dalam memilih produk sabun ya. Mungkin ada benarnya juga kalau ‘berani kotor itu baik’

Oleh:Septia Ningrum

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading