Sukses

Parenting

ASI Membuat Bayi Mudah Bangun dari Tidur

Dimanakah sisi baik dari ASI bisa membuat bayi mudah bangun dari tidur? Ternyata, fakta bahwa ASI membuat bayi mudah terbangun berhubungan erat dengan sudden infant death syndrome, atau sindrom kematian bayi mendadak.

Ladies, memberikan ASI eksklusif mampu menghindarkan bayi dari kematian bayi secara mendadak. Dikutip dari rehydrate.org, sebanyak 1,5 juta bayi setiap tahunnya terhindar dari kematian mendadak karena mendapatkan ASI eskklusif.

Sayangnya, kematian mendadak pada bayi, atau SIDS, bisa terjadi kepada bayi manapun, dan kapanpun. Apabila terkena sindrom ini, biasanya bayi meninggal dalam tidurnya, tanpa ada gejala apapun yang menyertai.

Dikutip dari Wikipedia.org, SIDS terjadi pada bayi yang sering tidur tengkurap, atau menghirup asap rokok. Selain itu, bisa jadi orang tua juga membawa gen SIDS ini. Biasanya, sindrom ini banyak ditemukan pada bayi laki-laki.

Menariknya, sebuah penelitian menunjukkan bahwa bayi yang secara eksklusif mengkonsumsi ASI cenderung lebih mudah untuk bangun atau dibangunkan. Teknisnya, bayi yang terbangun bebas dari resiko SIDS yang terjadi ketika mereka tidur.

Dengan memberikan ASI secara eksklusif dan reguler, maka tubuh bayi kita akan beradaptasi dan mulai menghafal jam untuk bangun dan makan. Selain itu, ASI juga membantu bayi untuk memerangi infeksi pernafasan yang mungkin menyerang tubuh, yang merupakan salah satu kemungkinan penyebab SIDS.

Nah, Ladies. Sekarang tahu kan sisi baik dari ASI membuat bayi mudah bangun dari tidur?

Oleh: Nastiti Primadyastuti

(vem/sfg)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading