Sukses

Parenting

Bahaya Nikotin Saat Masa Menyusui

Tidak banyak yang tahu soal bahaya asap rokok bagi ibu yang sedang memasuki masa menyusui. Kenapa sih sebenarnya? Apanya yang bahaya dari rokok? Tentu saja nikotin dan asap rokok itu sendiri.

Ternyata dampaknya sangat besar untuk kesehatan si Bayi. Nikotin yang terkandung di dalam rokok mempunyai kecenderungan untuk merusak tubuh si Bayi. Bahkan menurut breasfeeding-magazine.com, nikotin akan menyebabkan bayi sering muntah dan diare.

Selain itu juga dikabarkan bahwa nikotin akan membuat bayi sulit tidur. Inilah yang harus benar-benar diperhatikan bagi seorang ibu. Kebiasaan merokok mungkin mulai harus dicegah pada saat-saat itu. Masih belum cukup sampai di situ, ada dampak lain yang masih mengintai.

Dampak lanjutan ini akan semakin nyata jika si Ibu tidak berhenti merokok. Produksi air susu akan semakin berkurang dan akhirnya kering. Mulai dari sini, pastinya si Bayi tidak akan lagi merasakan pasokan ASI yang cukup. Sehingga, daya tahan tubuhnya yang mesti dipertaruhkan.

Untuk dampak yang lebih parah adalah SIDS (Sudden Death Syndrome). Penyakit ini mengakibatkan bayi meninggal tiba-tiba. Tidak pernah diketahui pasti sebabnya, tapi diperkirakan nikotin pun menjadi salah satu tersangka yang patut disalahkan. Terutama ibu yang tega merokok saat menyusui.

Nah, dengan tahu nikotin itu berbahaya, memang sangat wajar jika sebagai orang tua harus waspada dan hati-hati. Mungkin si Ibu memang bukan perokok aktif, tapi dari ayah atau lingkungan ibu juga sudah bisa menjadi perokok pasif.

Oleh: Nurrohman Sidiq

(vem/tyn)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading