Sukses

Parenting

Kekerasan di Rumah Buat Anak Menjadi Pembully

Rumah tangga yang ideal adalah rumah tangga yang jauh dari permasalahan ataupun kekerasan fisik. Namun terkadang, ada beberapa masalah yang membuat kondisi rumah menjadi tidak nyaman dan anak pun terlibat menjadi korbannya. Pertengkaran suami istri yang berujung pada tindakan kekerasan dan dilihat oleh anak bisa membuat anak menirukan hal itu di sekolah dan membuatnya menjadi seorang pembully.

Hasil ini ditemukan oleh peneliti di Joseph and Morton Mandel School of Applied Social Sciences di Cleveland. Penelitian ini mengamati 107 anak yang menyaksikan kekerasan antara orang tua mereka selama tiga tahun pertama kehidupan mereka. Apa yang mereka lihat terekam jelas dalam otak mereka dan secara tidak langsung membuat mereka melakukan hal yang sama kepada yang lebih lemah. Penelitian ini juga menemukan bahwa semakin sering anak menyaksikan kekerasan yang dialami oleh orang tua mereka, maka semakin agresif pula perilaku mereka ketika sudah sampai masa sekolah. Pada masa sekolah, mereka sudah mulai mengetahui apakah mereka lebih kuat atau mereka bisa menindas teman yang mereka tidak sukai. 

Anak-anak ini berpikir bahwa bullying boleh-boleh saja karena kedua orang tuanya juga sering bertengkar di rumah. Apalagi orang tua tidak pernah menjelaskan bahwa hal seperti itu salah sehingga membuat anak-anak ini semakin agresif dan meluapkan emosi mereka kepada teman sekolahnya. "Kebanyakan orang mungkin berpikir bahwa anak kecil pasif dan tak mengerti, namun mereka memperhatikan apa yang terjadi di sekitar mereka," ungkap Megan Holmes, seperti dilansir oleh NY Daily News (18/06).

Ketika semasa kecil melihat kekerasan terjadi dan itu adalah orang tuanya sendiri, memiliki pengaruh yang besar kepada mental dan psikologi anak-anak. Mereka cenderung akan meniru apa yang dilakukan oleh kedua orang tuanya. Sebagai orang tua, bijaklah dan hindari untuk berkonflik di depan anak karena mereka menganggap orang tuanya sebagai contoh untuk melakukan berbagai hal dalam hidupnya.

BACA JUGA

Tips Mengatasi Buah Hati Kecanduan Bermain Game

Bayi Perempuan Ini Tak Pernah Tumbuh Dewasa Selama 15 Tahun

Miyabi Ada Dalam Soal UAS, Bagaimana Ceritanya?

Curhat Pria: Saat Aku Jadi Ayah

Aneh, Remaja Laki-Laki di Chicago Hamil

(vem/Sya)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading