Sukses

Parenting

10 Tips Mandiri Untuk Ibu Yang Sedang Menyusui

Hai, Mom. Fase setelah melahirkan biasanya membuat ibu kehabisan banyak waktu untuk dirinya. Merawat bayi, menyusui, mengurus rumah tangga dan sebagainya.

Ada kalanya Anda berada di luar atau di rumah sendirian dengan bayi Anda. Saatnya menjadi mandiri, Mom. Beberapa tips menyusui ini bisa Anda terapkan di rumah agar tak kerepotan mengurus rumah sambil menyusui.

1. Minum air

Banyak minum air akan membantu Anda untuk menambah energi, menguatkan Anda dan menambah produksi ASI. Minum air putih juga bisa menstabilkan mood Anda dan menjauhkan stres, lho.

2. Membuat 'Sarang Menyusui'

Saat seperti ini, yang penting adalah membuat diri Anda nyaman. Tatalah kamar Anda senyaman mungkin agar bisa beristirahat dan menyusui si kecil. Anda bisa menambah bantal-bantal lucu atau kursi khusus untuk menyusui sesuai kebutuhan Anda.

Sarang menyusui adalah tempat di mana Anda merasa nyaman menyusui bayi. Ini adalah salah satu waktu berharga yang dimiliki seorang ibu dengan bayinya. Jadi, ruangan yang comfortable juga penting.

3. Camilan

Siapkan banyak makanan camilan sehat bila Anda mau. Granola bar, buah-buahan, coklat atau makanan berenergi apapun. Pilih snack yang sehat ya, Mom.

Hindari makanan instant yang mengandung MSG dan tinggi kadar garam. Camilan sehat membuat Anda tidak mudah lapar dan jauh dari stres.

4. Pijatan

Anda bisa meminta tolong saudara atau memanggil tukang pijat ke rumah untu memberikan pijatan yang menyehatkan serta meredakan kelelahan tubuh Anda. Setelah melahirkan, tubuh Anda membutuhkan banyak sentuhan lembut untuk penyembuhan dan regenerasi.

5. Tidurlah Saat Bayi Tidur

Selama 6 minggu atau lebih, tidurlah bersama bayi saat ia sedang tidur. Sekali lagi, ini juga membangun ikatan antara ibu dengan si kecil. Manfaatnya adalah menambah produksi air susu, mengurangi stres, menambah energi dan mood Anda.

6. Sentuhan Antar Kulit

Sebanyak mungkin, lakukan interaksi langsung dengan tubuh bayi Anda. Banyak studi yang telah membuktikan bahwa menyusui dan berinteraksi dengan bayi akan sangat bermanfaat untuk membangun ikatan emosional ibu serta bayi.

7. Jangan Malu

Saat Anda di fase menyusui, jangan malu untuk meminta bantuan, mengatakan kebutuhan Anda pada pasangan atau bahkan menyusui di area tertentu. Anda memang sedang dalam masa yang 'lebih sibuk' dan rentan sensitif. Sedikit bantuan tidak akan membuat Anda malu, malah meringankan beban.

8. Pembantu Rumah Tangga

Bila perlu, Anda bisa membayar orang untuk mengurus rumah tangga. Jangan biarkan tubuh lelah dan stres. Salah satu manfaat menyerahkan tugas rumah tangga pada asisten adalah membantu Anda memberikan lebih banyak waktu bersama anak.

9. Menanamkan Sikap dan Pikiran Positif

Akan ada masa di mana Anda mungkin tidak dalam kondisi baik atau kurang maksimal dalam menyusui. Yang pertama kali harus Anda lakukan adalah bersikap positif. Selanjutnya, carilah informasi dan sharing dengan sesama ibu menyusui untuk menemukan solusi.

Anda perlu berkomunikasi dan berbagi dengan sesama ibu atau bidan yang mampu memahami kebutuhan dan perasaan ibu di masa ini. Anda lebih positif dan banyak informasi baik yang Anda terima.

10. Mengatur Makanan

Seperti sebagaimana ibu pada umumnya, Anda juga harus mandiri dalam mengatur makanan yang masuk ke mulut Anda. Tanyakan pada ibu, bidan atau sesama ibu muda mengenai alternatif asupan makanan yang bisa dikonsumsi bila memang Anda kurang paham dengan nutrisi untuk ibu menyusui.

Itulah beberapa tips yang Anda bisa terapkan agar lebih mandiri dan nyaman di masa menyusui. Happy breastfeeding, Mom.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading