Sukses

Beauty

5 Keuntungan Kesehatan Menjadi Wanita

Wanita memiliki tanggung jawab besar dalam kehidupannya. Seorang wanita akan mengalami menstruasi, memiliki payudara dan rahim yang bisa saja terkena kanker, hamil, melahirkan anak dan menyusui. Namun wanita ternyata memiliki fakta kesehatan yang cukup pantas untuk disyukuri dengan banyaknya resiko terhadap kondisi fisiknya. Salah satunya bahwa wanita memiliki kemampuan rata-rata hidup lebih lama lima tahun dari pria.

Apalagi ya yang menjadi alasan untuk bersyukur menjadi wanita bila ditinjau dari faktor kesehatan? Ini dia lima hal yang patut Anda syukuri sebagai wanita karena Anda lebih sehat.

Penyakit Parkinson

Meski wanita lebih sering mengalami kelelahan kronis maupun sakit kepala daripada pria, namun ternyata penelitian yang dilakukan oleh Universitas Virginia menyebutkan, pria lebih rawan 1,5 kali lebih rawan mengalami parkinson daripada wanita. Hal ini mungkin disebabkan oleh estrogen yang menghindarkan wanita dari penyakit-penyakit neurodegeneratif yang berhubungan dengan syaraf otak.

Kanker Liver

Pria lebih berisiko mengalami kanker liver karena mengalami pembentukan hepatocellular carcinoma lebih banyak daripada wanita. Hepatocellular carcinoma beresiko terjadi pada pria 3 kali lebih banyak sejak 2010.

Melanoma

Bila Anda adalah wanita yang perhatian terhadap kesehatan kulit Anda, berbahagialah karena risiko Anda terkena Melanoma lebih kecil dibandingkan pria yang jarang melakukan perawatan untuk kulit mereka.

Barret's Esophagus

Ini adalah penyakit langka yang menyerang saluran kerongkongan menuju perut. Penyakit ini lebih potensial terjadi pada pria daripada wanita. Lagi-lagi, hormon wanita yang berperan melindungi dari berkembangnya penyakit Barret's esophagus ini menurut Univeristas Regensburg di Jerman pada tahun 2009.

Kanker Kepala dan Leher

Kecenderungan perempuan untuk merokok yang lebih rendah daripada pria menjadikan wanita lebih aman dari serangan kanker kepala dan Leher. Hal ini seperti dikemukakan National Cancer Institute. Studi mengenai penyakit kanker pada tahun 2010 menyatakan bahwa tingkat estrogen dan progesteron memungkinkan risiko untuk mengalami kanker tubuh bagian atas menjadi lebih rendah.

Itulah sejumlah penyakit yang lebih rendah risikonya pada wanita. Di satu sisi kita sangat beruntung, tapi tetap jaga kesehatan ya, Ladies. Karena penyakit datang dengan tidak terduga dan kesehatan itu sangat mahal harganya.

(vem/gil)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading