Sukses

Parenting

Sinar Matahari Kuatkan Tulang Bayi

Vemale.com- Bayi yang dijemur pada pagi hari adalah rutinitas yang biasanya dilakukan keluarga Indonesia. Kita sudah terbiasa dengan rutinitas turun temurun ini. Sinar matahari pagi dianggap baik untuk membentuk vitamin D dalam tubuh bayi, sehingga tulangnya akan kuat dan padat. Tetapi tahukah Anda, Anda bisa memberi pasokan vitamin D yang akan menguatkan tulang buah hati sejak dia ada di dalam kandungan. Dengan cara yang tidak sulit, yaitu dengan mendapat terpaan sinar matahari. Bukan hal yang sulit karena kita tinggal di negara tropis.

Penelitian yang dilakukan oleh Bristol University selama 18 tahun seperti dilansir Telegraph menemukan bahwa di negara dengan 4 musim, ibu yang mengandung pada musim semi dan musim panas memiliki bayi dengan tulang yang lebih kuat dan tubuh yang lebih tinggi. Penelitian ini melibatkan 7000 ibu hamil pada trimester ketiga, dengan hasil bahwa ibu hamil yang mendapat terpaan sinar matahari selama masa kehamilan melahirkan bayi degan tinggi rata-rata setengah sentimeter dan 12,75 cm² area esktra untuk pertumbuhan tulang.

Sally Watson, perwakilan penelitian mengatakan, " Seharusnya ibu hamil tidak perlu takut dengan isu bahwa sinar matahari akan menyebabkan kanker kulit," Sedikit sinar matahari hangat justru akan memberi manfaat sebagai berikut:

  • Para peneliti menemukan bahwa peningkatan massa tulang dapat terjadi karena asupan vitamin D.
  • Sinar matahari yang mengenai kulit akan menghasilkan vitamin D, kerjasama vitamin D dengan kalsium akan membangun tulang. Seperti yang banyak kita ketahui, sinar matahari adalah sumber pembentukan vitamin D.
  • Penelitian membuktikan bahwa ibu hamil yang terpapar sinar matahari akan membentuk vitamin D yang penting untuk membangun tulang saat bayi berada dalam rahim.

Maka Anda tak perlu takut dengan bahaya sinar matahari. Bila ingin mendapat terpaan sinar matahari sehat, Anda bisa berjalan di sekitar kompleks rumah pada pukul 6:00 - 7:30 pagi. Kenakan pakaian dan sepatu olahraga yang nyaman. Jika Anda tak sempat berjalan santai dan ingin mengonsumsi suplemen vitamin D, konsultasikan dahulu dengan dokter kandungan.

Bunda, jangan takut terkena sinar matahari pagi. Tidak hanya bayi yang harus 'dijemur' setiap pagi, ibu hamil juga bisa memberi asupan vitamin D yang sehat untuk sang bayi sejak masih di dalam kandungan :)

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading