Sukses

Beauty

Lahir Jadi Anak Pertama? Kamu Mudah Gemuk, Menurut Penelitian

Bukan hanya soal karakter atau kepribadian seseorang saja yang bisa diungkap lewat urutan lahir. Entah kamu lahir jadi anak pertama, kedua, atau terakhir, hal ini ternyata juga bisa memprediksi tentang berat badanmu kelak, apakah kamu akan jadi orang gemuk atau kurus.

Penelitian terbaru yang diterbitkan dalam Journal of Epidemiology & Community Health, menunjukkan bahwa saudara perempuan yang lebih tua akan lebih mudah mengalami kenaikan berat badan dan kegemukan. Para peneliti asal New Zealand dan Swedia ini meneliti catatan medis 13.000 pasang saudara kandung perempuan yang jadi anak pertama dan kedua/terakhir, keduanya diteliti selama 20 tahun lamanya.

Peneliti menemukan bahwa saudara perempuan yang terlahir pertama (anak tertua) ternyata 29% cenderung mengalami kelebihan berat badan (overweight), dan 40% lainnya cenderung mengalami obesitas, dibanding adik perempuannya. Mereka bahkan terlahir lebih berat dibanding adiknya, tumbuh sebagai dewasa yang gemuk saat hamil.

Bukan hanya itu, penelitian lainnya juga menemukan bahwa anak pertama punya risiko lebih tinggi mengalami penyakit diabetes dan tekanan darah tinggi. Para peneliti juga mengatakan, karena penelitian ini bersifat observational, tak ada alasan pasti mengapa hal ini bisa terjadi.

Beberapa peneliti mengatakan, kemungkinan ini terjadi karena asupan nutrisi sejak masa kehamilan ibu. Anak pertama cenderung mendapat kelebihan nutrisi sehingga lebih mudah gemuk. Bagaimana dengan keluargamu sendiri, benar seperti itu nggak ladies?

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading