Sukses

Parenting

Tanpa Mengekang, Berikut Tips Bantu Anak Berprestasi di Sekolah

Memiliki anak cerdas menjadi kebahagiaan tersendiri bagi orang tua. Melihat anak berhasil menorehkan prestasi akan jadi pencapaian sendiri. Selain itu, anak pun bisa memiliki bekal yang cukup untuk sukses mereka ke depannya bila sudah terlatih untuk mengasah potensi yang dimiliki sejak dini.

Agar anak bisa berprestasi di sekolah, ada sejumlah hal yang perlu dilakukan. Beprestasi di sini nggak harus yang jadi juara kelas atau ranking satu. Tapi bisa berprestasi di bidang ekstrakurikuler atau di bidang yang disukai anak. Berikut tips yang bisa Moms coba untuk membantu anak berprestasi di sekolah.

Bantu Anak Membuat Jadwal Harian yang Terarah
Disiplin jadi kunci penting agar anak bisa berhasil dan sukses. Bantu anak untuk membuat jadwal harian dan kegiatan mereka. Mulai dari jadwal sekolah, mengerjakan PR, bermain, dan kegiatan lainnya. Biar anak sendiri yang menentukan dan membuat jadwalnya karena yang akan menjalankannya adalah dirinya sendiri. Yang perlu kita lakukan adalah mengawasi dan mendampinginya.

Di sini kita bisa bantu memberi motivasi atau semangat anak dengan memberi reward setiap kali ia berhasil melakukan aktivitas atau kegiatannya sesuai dengan jadwal yang sudah dibuat. Meski tak harus selalu memberinya hadiah, sesekali memberi kejutan kecil atas keberhasilan anak disiplin melakukan sesuatu bisa membuat anak makin termotivasi untuk melakukan yang terbaik ke depannya.


Konsultasi dengan Guru Sekolah
Saat ada rapat atau pengambilan rapor sekolah, kita bisa berkonsultasi dengan wali murid anak kita. Kita bisa mengetahui soal perkembangan dan kebiasaan anak belajar. Kenali gaya belajar anak juga minat serta hobinya pada bidang tertentu. Sehingga kita bisa mendapat gambaran soal membuat arahan pada anak. Bagaimana pun setiap anak itu unik dan istimewa.

Luangkan Waktu Belajar Bersama Anak
Saat anak ada PR, kita bisa meluangkan waktu untuk mendampinginya. Hal ini akan membuat anak lebih semangat belajarnya. Tapi tak perlu kita jadi semacam guru yang galak saat menemani anak belajar atau mengerjakan PR, karena khawatir dia malah nggak semangat buat belajar.

Saat anak didampingi waktu belajar, ia akan merasa diperhatikan dan lebih termotivasi menyelesaikan tugas atau pekerjaan rumah. Dia akan berusaha sebaik mungkin untuk melakukan yang terbaik karena akhirnya merasa yakin orang tuanya peduli padanya.


Bahas Soal Cita-Cita atau Impian Anak di Masa Depan
Apa yang ingin anak capai kalau sudah besar? Apa impian terbesar yang mau ia raih nanti? Ke depannya mau jadi sesukses apa? Di sini anak akan mendapat gambaran akan masa depannya. Sehingga ia bisa tahu target dan tujuan ke depannya. Dan tidak malas-malasan atau ogah-ogahan lagi dengan yang dikerjakan atau diusahakan sekarang.

Membantu anak untuk bisa berprestasi memang butuh proses yang panjang. Perhatikan juga karakter dan minat anak anak pada bidang tertentu. Dan sebisa mungkin bikin anak betah belajar dan nggak merasa takut atau tertekan saat sekolah.

Semoga tips-tips di atas bisa membantu Moms sekalian, ya.



(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading