Sukses

Parenting

Mom Ingin Anak Makin Cerdas & Jadi Juara Kelas? Kasih Makanan Ini

Orang tua mana yang tak ingin melihat buah hatinya tumbuh dan berkembang menjadi anak yang sehat dan cerdas? Bisa dipastikan bahwa semua orang tua menginginkan ini. Agar buah hati tumbuh dan berkembang menjadi anak yang cerdas, sangat penting bagi orang tua untuk mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisi anak.

Ketika anak kurang gizi atau terlalu berlebihan konsumsi makanan yang tidak sehat seperti junk food, ini justru bisa membuat kemampuan kognitif anak menurun. Yang lebih parah lagi, ini juga bisa membuat otak anak mudah lupa, susah berpikir dan susah menghafal. Dikutip dari laman asiantown.net, agar anak semakin cerdas, makanan yang kaya mineral bisa membantu mereka.

Penelitian terbaru menemukan bahwa makanan kaya mineral memperbaiki berbagai sel otak dan membuatnya semakin cerdas. Tak hanya makanan kaya mineral, makanan kaya zat besi dan vitamin juga baik dalam meningkatkan kecerdasan anak. Makanan yang kaya mineral, zat besi, dan nutrisi sehat tersebut antara lain adalah sayuran hijau (bayam, kangkung, sawi, dan sebagainya), kacang-kacangan, daging merah serta ikan tanpa lemak.

Anak yang konsumsi zat besi cukup bisa memiliki kecerdasan baik dan daya ingat mengesankan | Photo: Copyright foe.co.uk

Para peneliti di AS yang melakukan penelitian terhadap 105 anak perempuan dengan nilai atau IPK di atas 3,65 ditemukan bahwa kecukupan nutrisi dan gizi mereka sangat baik. Sedangkan anak-anak dengan kecukupan nutrisi dan gizi kurang, ditemukan bahwa mereka cenderung lebih lambat dalam berpikir dan menghafal.

Selain konsumsi berbagai makanan yang kaya mineral, zat besi, dan nutrisi penting lainnya, para ahli menyarankan agar anak dibiasakan melakukan olahraga cukup, istirahat cukup dan tidak berlebihan dalam bermain gadget agar mereka semakin cerdas. Anak-anak juga penting belajar minimal dengan membaca kurang lebih selama 1 jam setiap harinya. Suasana hati yang senantiasa bahagia, tidak terlalu cemas atau tertekan juga bisa mendorong anak memiliki daya pikir yang baik, cerdas serta mengesankan.

Karsten Koehler, seorang asisten profesor ahli gizi di University of Nebraska-Lincoln mengatakan, "Nutrisi dan gizi memiliki peranan penting untuk fisik maupun psikis anak. Penelitian kami membuktikan bahwa anak-anak dengan asupan zat besi kurang lebih lambat dalam belajar. Penting bagi setiap orang untuk mencukupi kebutuhan nutrisi dan gizi anak dengan baik, memastikan mereka memiliki olahraga, istirahat dan kebahagiaan cukup setiap harinya."

Well Mom, buat yang ingin buah hatinya semakin cerdas dan sehat baik dari sisi fisik maupun psikis, usahakan agar mencukupi kebutuhan nutrisi mereka dengan baik. Pastikan untuk selalu ada buat mereka dan membuat mereka bahagia, nyaman serta rajin olahraga, istirahat maupun melakukan berbagai aktivitas positif lainnya

(vem/mim)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading