Sukses

Parenting

Canggung? Ini 4 Cara Mengenalkan Menstruasi Pada Anak, Moms

Anak butuh mengenal banyak hal, mulai dari yang baik dan buruk hingga yang unik, aneh, bahkan tabu sekalipun untuk dibicarakan di usia mereka. Hal-hal seperti hamil, bagaimana bayi bisa lahir, organ intim, seks dan menstruasi. Mau tidak mau, orangtua lah yang sebaiknya mengenalkan hal-hal itu pada anak, baik anak perempuan maupun laki-laki.

    Persiapkan diri dengan belajar lebih dulu

    Ingat pelajaran Biologi masa SMP dan SMA dulu tentang Reproduksi? Buka lagi buku atau baca artikel tentang hal ini sebelum kamu membicarakannya dengan anak. Bagaimana pun kamu perlu persiapan untuk bisa menjelaskannya secara gamblang. Apa yang penting diketahui anak dan apa yang kira-kira membuatnya bingung nanti. Jika kamu saja bingung, bagaimana anak bisa paham.

    Jelaskan secara sederhana atau dengan perumpamaan

    Menjelaskan secara teori ilmiah seperti dalam buku Biologi pasti membingungkan untuk anak, maka jelaskan secara sederhana. Misalnya, "Darah akan keluar dari vagina setiap bulannya karena kamu mulai dewasa." Jika anak bingung dan merasa jijik, gunakan perumpamaan, seperti misalnya "Jika kamu pilek dan keluar ingus, maka kamu butuh tisu. Begitu juga dengan menstruasi yang membutuhkan pembalut."

    Perkenalkan pada pembalut dan tampon

    Bawa serta pembalut dan tampon. Mungkin di Indonesia jarang tampon, tapi bagaimana pun anak harus tahu. Biarkan anak membuka pembungkusnya dan tahu seperti apa bentuk pembalut, mengapa punya sayap dan bagaimana cara memakainya. Begitu pula cara mengenalkannya dengan anak laki-laki.

    Bersikaplah santai

    Jangan gugup dan merasa hal ini tak enak dibicarakan. Santai saja seperti kamu ngobrol biasa dengan anak tentang dongeng. Katakan sebelumnya pada anak bahwa ini hal penting untuk diketahui. Kamu bisa membawa buku, gambar dan lain sebagainya untuk mendukung penjelasanmu.

Lihat juga videonya agar membuatmu rileks.

Sumber: Youtube.com/WatchCut Video

Terkesan sulit memang, namun justru dari sinilah anak bisa paham dengan hal-hal yang sebenarnya justru sangat lekat dengan kehidupannya sehari-hari. Dan kapan anak-anak bisa diperkenalkan dengan menstruasi? Sejak ia memasuki usia remaja atau pubertas, Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading