Sukses

Parenting

Mom, Berikut Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri Pada Anak Remaja

Masa remaja ialah masa peralihan dari anak-anak menuju dewasa. Jadi, saat remaja masa di mana kita mencari jati diri. Bahkan, akan mengalami perubahan hormonal yang mempengaruhi psikologis maupun fisik. Untuk itu, para remaja sangat membutuhkan kepercayaan diri agar nantinya saat remaja mereka mudah bersosialisasi dan menjadi manusia yang cerdas. Sebab, saat remaja mereka akan memiliki kreativitas yang tidak terbatas.

Lalu dari mana membuat remaja percaya diri? Elizabeth Santosa, selaku psikolog remaja menerangkan kepercayaan diri sebenernya dimulai dari kebersihan diri sendiri.

"Untuk membantu remaja dalam menghadapi perubahan psikologis dan fisik yang dapat menghalangi mereka menjadi versi terbaik dirinya, remaja perlu meningkatkan rasa percaya diri salah satunya dengan menerapkan gaya hidup yang sehat serta menjaga kebersihan tubuh dan wajah. Remaja yang hidup bersih dan sehat akan tumbuh menjadi pribadi yang berkualitas dan bertanggung jawab akan dirinya," tutur Elizabeth.

Psikolog Elizabeth menambahkan, Sebagai orangtua, kita pun harus meminimalis masalah pubertas pada anak karena masalah ini sangat membuat anak tidak percaya diri.

"Membersihkan diri sendiri dari ujung kepala hingga ujung kaki akan menumbuhkan kepercayaan diri dan penampilan. Sebaliknya jika tubuh bau akan menjadi masalah besar, anaknya akan jadi malu," tambahnya.

Sebagai orangtua kita pun harus menjaga komunikasi yang baik dengan anak apalagi jika anak sudah mulai beranjak dewasa. Orangtua pun harus tau bagaimana gaya komunikasi yang pas untuk menghadapi anak remaja seperti ajak anak mengobrol jangan menyeramahinya karena tidak akan didengar anak.

(vem/asp/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading