Sukses

Parenting

Terserang Diare Saat Hamil? Jangan Panik, Ini Cara Mengatasinya

Saat hamil kadangkala beberapa wanita mengalami gejala-gejala yang tidak diinginkan pada tubuh mereka. Ini karena adanya perubahan hormon dan juga perubahan pada tubuh. Tubuh wanita hamil sedang mempersiapkan diri untuk menampung dan memelihara janin selama 9 bulan sehingga secara alami akan ada banyak hormon yang diproduksi dan juga tubuh semakin berkembang.

Beberapa gejala yang dialami saat hamil antara lain morning sickness, mual, berat badan tak stabil dan lain-lain. Salah satu masalah yang dialami adalah diare. Diare juga merupakan salah satu gejala umum yang dialami oleh banyak wanita hamil, terutama selama trimester pertama dan kedua fase kehamilan mereka. Diare selama kehamilan dapat disebabkan oleh perubahan hormonal yang terjadi di dalam tubuh yang dapat mempengaruhi fungsi pencernaan. Selain itu pola makan yang berubah serta stres juga jadi salah satu penyebabnya. Nah, tak usah panik Moms, kali ini Vemale akan coba hadirkan beberapa tips untuk mengatasi diare ini.

  • Kunci utama untuk menangani diare adalah konsumsilah cairan yang cukup Ladies. Ini berlaku untuk siapa saja yang terkena diare baik sedang hamil maupun tidak. Jangan sampai kamu dehidrasi saat sedang diare karena akan berdampak negatif pada bayi. Diare dapat menyebabkan hilangnya elektrolit dari tubuh wanita hamil. Saat diare konsumsi oralit untuk menghidrasi tubuh dan mengembalikan mineral yang hilang.
  • Diare selama kehamilan dapat lebih berbahaya karena mineral dalam tubuh hilang karena dehidrasi, kondisi ini mampu membahayakan ibu dan bayi. Karenanya perhatikan pula asupan makanan yang masuk dalam tubuh.
  • Jika dalam kurun waktu beberapa hari diare tak kunjung sembuh maka segera berkonsultasi dengan dokter.  Hilangnya cairan dan elektrolit dari tubuh bahkan dapat menyebabkan konsekuensi serius seperti keguguran, jika tidak diobati pada waktunya. Segera kunjungi dokter sehingga bisa memberikan obat dan perawatan yang paling tepat untuk ibu hamil.


Saat sedang mengandung jangan meminum obat-obatan sembarangan tanpa petunjuk dari dokter karena mampu membahayakan kondisi janin yang dikandung. Semoga informasi ini bermanfaat ya Bunda.

(vem/ivy)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading