Sukses

Parenting

Si Kecil Sedang Tumbuh Gigi? Berikut Hal yang Sering Dialaminya

Setiap anak pasti mengalami proses tumbuh gigi. Tumbuh gigi adalah proses pertumbuhan penting bagi anak. Setiap anak yang sedang mengalami fase tubuh gigi. Tumbuh gigi pada anak umumnya dimulai saat anak berumur 4-6 bulan. Namun beberapa anak yang mengalami tumbuh gigi kadang kurang atau lebih dari umur tersebut. Jadi Mom tidak perlu khawatir, hal tersebut umum terjadi.

Mom, berikut adalah tanda jika anak mengalami fase tumbuh gigi. Beberapa hal mungkin tidak akan sama pada anak, karena setiap anak memiliki tanda-tanda yang berbeda.

  1. Anak demam. Jika anak demam segera konsultasikan pada dokter anak, karena tanda-tanda demam bisa jadi adalah tanda penyakit lainnya.
  2. Anak lebih sering mengeluarkan air liur, karena pertumbuhan gigi mempengaruhi produksi air liur pada anak.
  3. Anak akan sering menggigit, tekanan pada gusi membuatnya merasa tidak nyaman.
  4. Nafsu makan menurun, karena anak merasa tidak nyaman. Jika hal ini Mom biarkan akan mempengaruhi kebutuhan nutrisinya. Untuk menambah nafsu makan, Mom dapat memberikan makanan yang lebih lembut sehingga membuat anak tetap nyaman.
  5. Mulut yang sakit akan membuat anak menjadi rewel saat gigi akan tumbuh. Gusi anak akan terasa sakit saat mulut menekannya. Untuk itulah mengapa anak menjadi rewel saat gigi tumbuh.
  6. Tumbuh gigi akan menyebabkan pendarahan pada gusi. Mom tidak perlu khawatir dengan kondisi ini. Hal ini bisa disembuhkan dengan kompres dingin.
  7. Produksi air liur yang tidak seperti biasanya menyebabkan anak menjadi batuk. Jadi Mom tidak perlu merasa khawatir. Namun Mom harus tetap waspada, saat batuk terus berlanjut bisa jadi batuk ini disebabkan oleh virus.

Mom, demikian 7 tanda jika anak sedang mengalami tumbuh gigi. Tidak perlu panik, tetap tenang. Untuk mengatasi rewel saat anak sedang tumbuh gigi Mom dapat memberikan mainan teething hingga minuman yang dingin. Semoga bermanfaat.

 

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading