Sukses

Parenting

Penting! Berikut Kebutuhan Makanan Ibu Hamil Per Trimester

Kebutuhan nutrisi ibu hamil sangat penting untuk dipenuhi. Kebutuhan nutrisi yang terpenuhi dapat meningkatkan kecerdasan bayi dalam kandungan. Kebutuhan nutrisi sangat penting dijaga karena penting untuk pertumbuhan janin, menjaga kesehatan si Ibu, serta sebagai cadangan makanan selama laktasi. Tapi tahukah Mom, jika kebutuhan setiap trimester kehamilan berbeda?

Mom, berikut adalah kebutuhan nutrisi Ibu hamil setiap trimesternya. Simak penjelasan dari vemale berikut ini.

    Trimester I

    Pada awal usia kehamilan 1-3 bulan pertama akan terjadi penyesuaian hormon. Perubahan ini akan menyebabkan pusing, mual dan dapat menyebabkan penurunan berat badan. Morning sick umumnya terjadi pada usia kehamilan ini. Untuk menjaga nutrisi tetap terjaga, Mom disarankan untuk makan dengan porsi tidak terlalu banyak tapi sering.Pilih makanan yang kering dan tidak berkuah. Jika memiliki alergi satu makanan lebih baik hindari. Saat merasa mual, makan makanan yang segar seperti buah jeruk dan sayuran segar. Hal ini juga dapat membantu meningkatkan nafsu makan.

    Trimester II

    Trimester II, nafsu makan Mom mulai membaik. Pada usia kandungan 4-6 bulan ini, Mom dapat makan 3 kali sehari dengan 1 kali makanan selingan. Pilih hidangan yang banyak mengandung protein hewani seperti ikan, telur, daging. Untuk makanan selingan Mom dapat mengonsumsi buah atau cookies. Makanan yang mengandung zat besi yang tinggi sangat disarankan untuk mengurangi risiko anemia. Pilih makanan beraneka ragam, dan makan dalam jumlah yang cukup.

    Trimester III

    Pada usia kehamilan 6-9 bulan, dalam memilih jenis makanan Mom harus memperhatikan keadaan badan. Jika Mom memiliki berat badan yang berlebih maka kurangi makanan yang tinggi karbohidrat. Perbanyak konsumsi buah dan sayur. Makanan yang kaya serat akan membantu mengurangi sembelit. Pada usia kehamilan ini, kaki seringkali bengkak untuk mengurangi risiko ini, sebaiknya kurangi konsumsi garam. Lebih baik tidak perlu menambahkan garam pada masakan yang akan Mom konsumsi.

Mom, demikian tahapan kebutuhan nutrisi ibu hamil per trimester. Jangan lupa untuk selalu memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui perkembangan janin. Hal ini penting agar kesehatan Mom dan janin senantiasa terjaga. Semoga informasi ini bermanfaat.

(vem/apl)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading