Sukses

Parenting

Di Usia Kandungan Inilah Pertama Kali Kamu Merasakan Gerakan Bayi

Masa hamil pasti menjadi masa-masa di mana kamu mengalami banyak hal baru dalam hidupmu sebagai wanita. Salah satunya adalah merasakan ada makhluk hidup yang sedang berkembang di dalam tubuhmu, yang tak lain adalah bayimu sendiri.

Namun kehadiran bayi tidak bisa tiba-tiba dirasakan dalam perut, kamu akan mulai merasakan kehadirannya di usia kandungan tertentu. Menurut BabyCenter.com, kamu baru bisa merasakan gerakan bayi antara minggu ke-16 hingga ke-22, meskipun pada kenyataannya ia sudah bisa bergerak di usia kandungan 7 atau 8 minggu di dalam perut.

Gerakan bayi usia 7-8 minggu baru bisa dilihat dengan ultrasound, kamu sebelum bisa merasakan tendangannya di permukaan perut. Bagaimana rasanya? Kebanyakan wanita menggambarkan bahwa ini seperti ada ikan yang berenang di dalam, atau ada letupan-letupan kecil tiba-tiba.

Pada awalnya hal ini agak susah dibedakan antara sakit perut, ingin kentut atau gerakan bayi. Tapi seiring terjadinya hal ini, kamu akan terbiasa dan bisa membedakannya sendiri. Bahkan untuk wanita yang sudah pernah hamil sebelumnya, seringkali mereka bisa merasakan gerakan bayi bahkan sebelum usia kandungan 16 minggu.

Kamu akan lebih sering merasakannya saat berbaring atau duduk tenang. Tendangan dan gerakan bayi akan lebih sering terasa dan terjadi saat kandungan memasuki trimester kedua, dan tentunya tendangannya akan lebih keras semakin tua usia kandungan.

Ukuran tubuhmu juga berpengaruh seberapa peka kamu bisa merasakan gerakan bayi di dalam perut, dan wanita yang lebih kurus tentu akan lebih sering merasakan gerakan atau tendangan kaki jabang bayi dibanding kamu yang gemuk.

Justru jika bayi tiba-tiba gerakan berkurang, jarang menendang atau jadi lebih tenang, kamu patut khawatir. Jadi selalu pastikan kamu mengecek perkembangan bayi ya Moms.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading