Sukses

Parenting

Pikirkan Lagi, Ini Risiko Kesehatan Ibu Jika Melahirkan Caesar

Jika bisa melahirkan secara normal, mengapa harus memutuskan cecar? Bukan hanya lebih cepat sembuh, melahirkan normal juga lebih mudah dilalui dan membuatmu merasa menjadi wanita sepenuhnya.

Tapi masih banyak wanita yang takut melahirkan normal dan malah memilih operasi cecar, padahal melahirkan caesar punya efek negatif untuk kesehatan ibu nantinya lho. Menurut Mayo Clinic, melahirkan operasi caesar bisa menimbulkan masalah bagi kehamilan berikutnya.

Melahirkan caesar bisa membuat kehamilan berikutnya berisiko mengalami posisi abnormal pada janin, placenta previa, dan bahkan pendarahan tanpa sebab. Hal ini juga bisa menimbulkan kebocoran pada rahim dan pendarahan berlebihan saat melahirkan. Mengerikan ya?

Abnormal fetal position atau posisi tak normal pada janin terjadi karena plasenta menghambat jalur keluar bayi, menutup serviks sehingga menyulitkan bayi dilahirkan. Operasi caesar juga bisa memicu endometritis, di mana terjadi pembengkakan dan infeksi pada bagian membran uterus. Hal ini bisa menyakitkan dan bahkan menimbulkan pendarahan.

Melahirkan normal menjadi pengalaman serta perasaan yang pasti tak akan pernah kamu lupakan. Jadi selama masih bisa melahirkan normal, sebaiknya hindari melahirkan secara caesar ya ladies.

(vem/feb)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading