Sukses

Parenting

Saat Kusudah Punya Anak Tapi Belum Terbiasa dengan Dunia Ibu-Ibu

Sudah menikah dan punya anak, jelas kita akan memasuki dan merasakan dunia baru. Kondisi ini pun kemudian membuat kita harus beradaptasi dengan hal-hal yang sebelumnya masih terasa asing bagi kita. Tak bisa dipungkiri kadang kita akan merasa seolah belum siap untuk memasuki dunia baru ini.

Memasuki "dunia ibu-ibu" ada banyak hal yang sering membuat kita canggung. Mulai dari urusan mengasuh anak hingga soal pergaulan baru. Tapi selalu ada tips dan cara untuk mengatasinya.

Pengalaman Akan Selalu Mendewasakan Kita

Saat menjadi ibu muda kita akan merasa seakan seperti newbieyang harus belajar segalanya dari nol. Gampang kikuk, canggung, dan cemas menjalani rutinitas baru. Tapi seiring perjalanan waktu dan bertambahnya pengalaman, kita akan lebih dewasa dan segalanya akan baik-baik saja.

“The work of a mother is hard, too often unheralded work. Please know that it is worth it then, now, and forever.”

—Jeffrey R. Holland

Saatnya untuk Lebih Terbuka Melihat Sesuatu dengan Sudut Pandang Baru

Menjadi seorang ibu, kita akan memandang dunia dan segala sesuatunya dengan sudut pandang  baru. Saat berbaur dengan para ibu yang sudah berpengalaman, kita perlu bisa lebih terbuka untuk menyerap pelajaran dan pengalaman berharga mereka. Mungkin agak sulit pada awalnya tapi kita perlu terus mencoba.

Beradaptasi Memang Butuh Waktu dan Itu Hal yang Lumrah

Beradaptasi dengan dunia baru memang butuh waktu. Memasuki dunia ibu-ibu pun begitu. Kita akan butuh waktu untuk beradaptasi dan menyesuaikan diri. Semua butuh proses. Ada masa-masa kita merasa depresi dan tertekan. Tapi juga akan ada masa-masa kita akan makin sering bersyukur dengan semua hal yang sudah kita miliki.

“The joy in motherhood comes in moments. There will be hard times and frustrating times, but amid the challenges there are shining moments of joy and satisfaction.”

—M. Russell Ballard

Usia Boleh Bertambah Tapi Jiwa Tetap Muda

Kadang yang membuat kita merasa masih sulit menerima kenyataan kalau kita sudah jadi ibu karena merasa diri ini sudah tua. Merasa kalau kita akan makin kesulitan untuk bahagia dan bersenang-senang. Tapi usia itu hanyalah angka. Usia boleh bertambah tapi jiwa tetaplah muda. Selalu ada sumber kebahagiaan baru yang akan kita temukan ke depannya.

Menjalani peran baru sebagai seorang ibu memang ada suka dukanya sendiri. Tapi kita selalu bisa menemukan dan menciptakan cara baru untuk bahagia. Hidup kita ini memang tak pernah jauh dari melewati fase demi fase perubahan yang ada. Semangat, ya Moms!

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading