Sukses

Parenting

Philips Indonesia & Telkom Group Bantu Menurunkan AKI di Jayapura

Royal Philips dan Telkom Group yang terdiri dari Telkom Indonesia, AdMedika dan TelkoMedika, mengumumkan kolaborasi untuk membantu mengurangi tingkat kematian ibu yang tinggi dengan program T-Health. T-Health (Telkom Health Digital Services), solusi telehealth berbasis smartphone, membantu mengidentifikasi ibu hamil dengan risiko komplikasi. Peluncuran program ini di Puskesmas Percontohan Twano Entrop, Jayapura diresmikan oleh Walikota Jayapura Dr. Benhur Tommi Mano, MM, Kepala Dinas Kesehatan Jayapura Arif Dwi Darmanto, Presiden Direktur Philips Indonesia, Suryo Suwignjo serta Direktur Marketing & Business AdMedika, Hesti Nugrahani.

Berdasarkan data Profil Kesehatan Indonesia tahun 2014, hanya 42,76% kelahiran di Papua yang dibantu oleh tenaga medis yang terlatih. Angka ini merupakan yang terendah di wilayah Indonesia Timur, apalagi dibandingkan dengan tingkat cakupan nasional sebesar 90,88%. Data dari Dinas Kesehatan Papua pada tahun 2014 juga mengungkapkan bahwa Angka Kematian Ibu (AKI) adalah 422/100.000 kelahiran yang juga masih dianggap tinggi jika dibandingkan dengan angka nasional yaitu 359/100.000 kelahiran.

Foto: Philips Indonesia

“Kami bangga Jayapura menjadi kota pertama di Indonesia Timur yang menggunakan T-Health MOM,” kata Walikota Jayapura, Dr. Benhur Tommi Mano, MM. “Sebagai ibukota Papua, Jayapura terus berinovasi dalam mewujudkan kota Jayapura yang maju dan sehat. Salah satunya adalah melalui implentasi program T-Health , yang merupakan bagian dari rangkaian program pelayanan kesehatan bagi ibu dan anak. Dengan T-Health, bidan akan dapat lebih proaktif dalam menjangkau pasien, sehingga kehamilan berisiko bisa dideteksi sedini mungkin dan penanganannya pun bisa dilakukan pada tahap awal. Hasilnya, Ibu dan bayi bisa selamat dan sehat hingga proses kelahiran.”

“Inti dari program T-Health adalah dengan dukungan teknologi dan dukungan dokter spesialis, bidan dan dokter umum di puskesmas mampu menjaga sekaligus memantau kondisi kesehatan para ibu hamil. Dengan aplikasi Mobile Obstetrics Monitoring (MOM) pada ponsel pintarnya, bidan dapat mengecek kondisi kesehatan ibu hamil di mana pun dan kapan pun. Aplikasi ini juga akan terhubung dengan sisi dokter spesialis yang akan membantu mengidentifikasi ibu dengan risiko komplikasi sedini mungkin,” Kepala Dinas Kesehatan Jayapura Arif Dwi Darmanto menjelaskan.

Foto: Philips Indonesia

“Di Papua, calon ibu seringkali harus menempuh perjalanan jauh untuk mengakses klinik spesialis dan mendapatkan perawatan, sehingga deteksi dini bagi para ibu dengan kehamilan berisiko menjadi sangat penting. Karenanya, kami percaya program T-Health MOM ini akan membantu kami memberikan pelayanan dan perawatan yang lebih baik bagi ibu hamil,” komentar Ketua DPRD Kota Jayapura Lievelin Louis Ansanai.

"Di Philips, kami bekerja berlandaskan visi untuk meningkatkan kehidupan masyarakat di sekitar kita. Melalui upaya penelitian dan pengembangan kami secara global, kami berusaha untuk membawa inovasi yang bermakna bagi orang banyak di berbagai bidang. Di bidang kesehatan, yang merupakan fokus global Philips untuk saat ini, kami telah mengidentifikasi berbagai cara untuk membuat perawatan medis lebih mudah diakses serta efektif melalui teknologi. Salah satu inovasi paling efektif dan menjanjikan yang kita lihat di seluruh dunia adalah menyatukan perawatan kesehatan dan teknologi digital,” kata Suryo Suwignjo, Presiden Direktur Philips Indonesia.

Foto: Philips Indonesia

Philips bekerjasama dengan Telkom Group untuk memungkinkan layanan MOM dapat digunakan di wilayah yang lebih luas di seluruh Indonesia. "Kami sebagai bagian dari Telkom Group bangga turut menjadi inisiator dari program ini untuk membantu menekan AKI di Jayapura dan sekitarnya. Secara pararel implementasi T-Health di daerah lain di Indonesia sudah dipersiapkan dan dalam waktu dekat sudah dapat dijalankan. Hal ini semakin memperkuat posisi AdMedika sebagai vehicle Telkom Group di industri kesehatan nasional yang memberikan layanan integrated e-Health Solution” ungkap Hesti Nugrahani Direktur Marketing dan Bisnis AdMedika.

Solusi MOM Philips yang kini menjadi komponen inti dari program T-Health ini, merupakan bagian dari strategi Philips dalam memberikan solusi perawatan terkoneksi dengan jangkauan lebih luas dan memungkinkan perawatan terintegrasi yang berorientasi pada pasien serta sesuai dengan kebutuhan. Hal ini merupakan bagian dari komitmen Philips dan Telkom Group untuk memberikan akses layanan kesehatan yang lebih mudah dan lebih baik baik bagi masyarakat di Indonesia.

(vem/yel)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading