Sukses

Parenting

Penting! Ibu Menyusui Sebaiknya Batasi Mengonsumsi Ini

Sedang memberi ASI eksklusif untuk si kecil? Sebaiknya perhatikan dan lebih hati-hati lagi memilih minuman dan makanan yang dikonsumsi. Tujuannya agar bisa memberikan ASI terbaik untuk buah hati dan mencukupi kebutuhan gizi dan nutrisinya.

Dilansir dari mom365.com, ada sejumlah jenis makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari oleh ibu hamil. Tapi bukan berarti tidak boleh mengonsumsinya sama sekali. Hanya saja sebaiknya dikurangi konsumsinya atau dibatasi konsumsinya. Selengkapnya, ikuti infonya di bawah ini.

    Kafein

    Kafein yang masuk dalam tubuh bisa mempengaruhi ASI yang diproduksi. Tubuh bayi berbeda dengan tubuh orang dewasa. Jadi kafein yang masuk dalam tubuh bayi akan lebih susah diprosesnya. Kalau sang ibu mengonsumsi kafein, bayi yang meminum ASInya bisa rewel dan susah tidur.

    Daun Peterseli atau Daun Mint

    Kalau dikonsumsi dalam jumlah sedikit (hanya sebagai garnish misalnya), mungkin tak akan memberi efek samping negatif apa-apa. Tapi kalau konsumsinya berlebihan bisa mengurangi produksi ASI.

    Buah Jeruk Asam

    Saluran pencernaan bayi masih belum berkembang dengan baik. Sejumlah kandungan dari buah jeruk bisa membuat iritasi. Kalau sang ibu mengonsumsi buah jeruk secara berlebihan, ASI yang dikonsumsi oleh bayi bisa membuatnya sering meludah, rewel, hingga ruam popok (diaper rash). Jika butuh asupan vitamin C, bisa coba buah nanas atau mangga sebagai gantinya.

    Bawang Putih

    Hati-hati jika mengonsumsi bawang putih berlebihan. Karena bawang putih yang dikonsumsi ibu menyusui bisa memberi pengaruh rasa pada ASI yang diproduksi. Langit-langit mulut bayi belum berkembang sempurna untuk bisa menerima rasa bawang putih yang tajam.

    Gandum

    Alergi terhadap gluten bisa jadi penyebab tinja yang dikeluarkan bayi disertai darah. Kalau bayi mudah rewel atau sakit perut, coba perhatikan lagi makanan yang ibu konsumsi. Bisa jadi salah satu penyebabnya adalah gandum atau tepung terigu yang dikonsumsi ibu.

    Makanan Pedas

    Dilansir dari momjunction.com, tubuh manusia merupakan sistem kompleks yang terdiri dari organ-organ. Setiap individu bisa punya sistem tubuh yang berbeda-beda. Kalau bayi yang kamu susui jadi rewel setelah kamu mengonsumsi makanan pedas, baiknya segera kurangi atau hentikan konsumsi makanan yang terlalu pedas. Biasanya bayi akan menangis atau rewel ketika ASI yang ia minum memiliki rasa berbeda.

Intinya, lebih selektif lagi memilih makanan dan minuman yang dikonsumsi, ya Ladies. Selain itu, lebih peka lagi dengan kondisi bayi setiap kali selesai disusui. Kalau menunjukkan gejala seperti rewel, menangis, atau muncul ruam di tubuhnya, segera cek lagi apa saja yang baru kamu konsumsi. Kalau perlu berkonsultasilah dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

(vem/nda)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading