Sukses

Parenting

Duduk Terlalu Lama Ternyata Tak Baik Bagi Kesehatan Anda dan Janin Lho, Bunda

Dibandingkan berdiri, sebagian besar ibu hamil memang lebih suka duduk. Tapi, duduk yang terlalu lama ternyata memiliki efek negatif bagi kesehatan yang belum banyak diketahui oleh ibu hamil. Seperti yang disebutkan dalam laman www.babycenter.com, berikut ini adalah beberapa efek negatif dari duduk yang terlalu lama selama dalam masa kehamilan.

  • Terlalu Banyak Tekanan. Selama hamil, tubuh Anda akan cenderung lebih besar dan lebih berat dibandingkan dengan sebelum hamil. Oleh sebab itu ketika Anda terlalu banyak duduk, maka akan menghasilkan tekanan berlebih terutama pada bagian pinggul ke bawah. Tekanan yang terlalu berlebihan tersebut bisa sangat berbahaya bagi pembuluh darah ibu hamil. Sebab, jika pembuluh darah tertekan terlalu lama maka Anda akan merasakan kram yang terus menerus.
  • Aliran Darah Menumpuk Ke Kaki. Terlalu lama duduk selama hamil dapat menyebabkan aliran darah menumpuk ke kaki. Hal tersebut tentu berefek negatif pada  kesehatan janin yang ada di dalam rahim, pasalnya aliran darah menuju ke rahim menjadi terhambat.
  • Tekanan Di Bagian Tulang Belakang Meningkat. Jika terlalu banyak duduk selama hamil, bagian tulang belakang akan semakin tertekan. Padahal selama kehamilan, tubuh, terutama tulang punggung sudah semakin mengalami pengeroposan. Perut yang semakin membuncit dan badan yang semakin membesar harus ditopang oleh tulang punggung. Tekanan yang meningkat saat duduk akan menyebabkan Anda akan mudah terkena pengeroposan tulang terutama bagian tulang punggung.
  • Menekan Bayi. Selain menekan bagian tulang belakang, duduk terlalu lama juga akan membuat bayi mengalami tekanan. Jika bayi terlalu lama ditekan, bayi tidak mudah bergerak dengan bebas. Hal seperti itu akan membahayakan bagi tubuh bayi yang ada di dalam kandungan. Bayi yang tidak bisa bergerak dengan bebas bisa lemas di dalam kandungan.


Nah, itulah beberapa efek buruk duduk terlalu lama selama kehamilan. Jika Anda bekerja selama kehamilan, tentu Anda tidak bisa menghindari posisi duduk seharian, maka untuk menghindari hal ini, Anda bisa berdiri sesering mungkin untuk merilekskan otot-otot yang kaku karena posisi duduk yang terlalu lama.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading