Sukses

Parenting

Air Liur Berlebih Saat Hamil Normal Kok Bunda, Ini Penyebab dan Cara Mengatasinya

Beberapa wanita mungkin memiliki kondisi kehamilan yang lancar tanpa gangguan kesehatan atau ketidaknyamanan tertentu. Tapi, hal ini tidak bisa menjadi patokan bagi setiap kasus kehamilan. Sebab, setiap wanita memiliki kondisi kesehatan dan tingkat ketahanannya masing-masing.

Ketika sebagian wanita tidak memilki keluhan atau ketidaknyamanan apapun selama kehamilannya, beberapa wanita yang lain mungkin memiliki keluhan dan ketidaknyamanannya sendiri. Salah satu ketidaknyamanan yang mungkin dirasakan oleh wanita hamil adalah keluarnya air liur yang berlebihan, terutama saat mereka merasakan mual.

Seperti disebutkan dalam laman www.babycenter.com, keluarnya air liur yang lebih banyak saat hamil, terutama saat mual disebabkan karena saat mual Anda akan lebih sering meludah dari pada menelan air liur, sehingga air liur di dalam mulut terasa lebih banyak. Para ahli belum menemukan sebab yang jelas kenapa beberapa wanita mengalami kondisi ini, tetapi kemungkinan besar hal ini dikarenakan adanya perubahan hormon saat Anda hamil.

Selain karena rasa mual dan perubahan hormonal, produksi air liur yang berlebihan saat hamil yang juga dikenal dengan istilah ptyalism atau istilah sialorrhea ini bisa juga mengindikasikan adanya kondisi heartburn. Kondisi heartburn membuat asam lambung naik ke tenggorokan dan memicu produksi air liur di dalam mulut yang lebih banyak.

Sementara jumlah air liur yang dikeluarkan memang berlebihan, tetapi hal ini tidak akan membawa pengaruh apapun pada janin di dalam perut Anda. Meski demikian, kondisi ini mungkin saja membawa ketidaknyamanan tersendiri bagi Anda, ya? Jika demikian, Anda bisa mengatasi masalah air liur yang berlebihan ini dengan tips berikut.

  • Sering-seringlah menyikat gigi anda dan berkumur setiap harinya.
  • Banyak minum air putih, minimal sebanyak 8 gelas setiap harinya.
  • Makanlah secukupnya dalam porsi kecil namun dalam skala yang sering. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa mual yang memicu produksi air liur berlebih.


Nah,sekarang Anda tentu tidak perlu khawatir jika Anda memproduksi air liur yang berlebihan saat hamil ya, Bunda. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading