Sukses

Parenting

Waspada, Jangan Anggap Remeh Pengaruh Radiasi Handphone Terhadap Kehamilan

Di era yang serba hi-tech ini, kita memang tidak bisa berpisah dari gadget yang kita miliki, terutama handphone. Apalagi dengan semakin canggihnya teknologi saat ini, kita mungkin tidak bisa beralih sedikitpun dari handphone kita. Karena segala aktivitas dapat kita lakukan dengan handphone kita. Dari pagi hingga menjelang tidur pun seringkali kita masih disibukkan dengan handphone kita.

Sementara kita tidak bisa memungkiri betapa pentingnya fungsi handphone dalam kehidupan kita, di sisi lain kita juga tidak bisa mengabaikan begitu saja dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari kelekatan kita dengan handphone ini. Salah satu dampak negatif yang bisa ditimbulkan dari handphone ini pengaruh radiasi yang buruk bagi kesehatan kita, termasuk kesehatan janin saat kita hamil.

Seperti disebutkan dalam laman www.babycentre.co.uk, menurut hasil penelitian yang dilakukan di University of Yale, paparan radiasi dari handphone mempengaruhi perkembangan otak bayi, menyebabkan gangguan memori (daya ingat), memicu gangguan perilaku pada bayi serta dapat menyebabkan hiperaktivitas pada bayi saat ia telah dilahirkan nanti.

Dalam penelitian itu dipaparkan, bahwa radiasi handphone yang mungkin tidak terlalu terlihat dampaknya pada orang dewasa ternyata sangat berpengaruh pada perkembangah otak dan perilaku bayi. Oleh sebab itu, karena efek yang mungkin ditimbulkan dari radiasi handphone inilah ibu hamil dianjurkan untuk tidak terlalu sering menggunakan handphonenya.

Lebih lanjut, ibu hamil juga disarankan untuk tidak meletakkan handphonenya dalam saku pakaian yang berada dekat dengan perutnya untuk menghindari paparan radiasi langsung terhadap janin yang tengah Anda kandung. Berikut ini beberapa tips penggunaan handphone yang bisa Anda gunakan sebagai panduan, simak yuk!

  1. Gunakan handphone seperlunya, jika perlu matikan handphone ketika tidak terlalu dibutuhkan.
  2. Letakkan handphone jauh dari Anda saat tidur, khususnya dari bagian kepala dan perut. 
  3. Simpan handphone Anda dalam tas, instead of saku pakaian Anda.


Nah, dengan mengetahui bahaya paparan radiasi handphone terhadap kehamilan Anda, tentu kita harus lebih bijak dalam mengambil tindakan demi kesehatan dan keselamatan janin dalam rahim kita ya, Bunda? Semoga informasi dan tips yang diberikan dapat bermanfaat bagi Anda.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading