Sukses

Parenting

Suka Makan Makanan Manis Selama Hamil? Cermati Jenis Pemanis dalam Makanan Anda ya, Bunda

Bunda, pada masa kehamilan, Anda disarankan untuk menambah asupan kalori Anda sebanyak 400 kalori per harinya, tapi sudah Anda yakinkah bahwa asupan kalori yang Anda konsumsi telah sesuai dengan asupan kalori yang dianjurkan? Konsumsi makanan atau minuman instan seperti sereal yang siap makan seharusnya membawa kekhawatiran tersendiri pada Anda, sebab kandungan gula pada makanan instan biasanya memiliki kadar kalori yang tinggi dan tidak baik bagi tumbuh kembang janin Anda.

So, seperti dilansir dalam laman www.whattoexpect.com, sebaiknya Anda mencermati kandungan gula dalam makanan yang Anda konsumsi. Pastikan bahwa makanan yang Anda konsumsi memiliki kandungan gula buatan yang aman bagi kehamilan Anda. Berikut ini adalah beberapa jenis pemanis buatan yang aman Anda konsumsi selama kehamilan, simak yuk!

    Sucralose

    Pemanis ini diketahui rendah kalori dan aman untuk dikonsumsi ibu hamil. Food and Drug Administration atau dikenal dengan FDA (sebuah lembaga yang mengawasi peredaran obat dan makanan di Amerika—BPOM di sini) telah menyetujui bahwa Sucralose aman dikonsumsi bagi wanita hamil.

    Aspartame

    Banyak ahli berpikir aspartame aman untuk dikonsumsi, ada juga yang beranggapan bahwa jenis pemanis buatan ini tidak aman untuk dikonsumsi bagi ibu hamil maupun tidak. Tapi,  pemanis buatan  ini telah disetujui FDA untuk wanita hamil, meskipun mereka menyarankan  agar Anda membatasi konsumsi aspartame Anda selama kehamilan.

    Sakarin

    FDA menganggap  sakarin aman, tetapi sudah ada beberapa studi yang mempertanyakan tingkat keamanan dari Sakarin. Sebuah penelitian menunjukkan  bahwa sakarin sampai ke bayi melalui plasenta, dan ketika sampai di sana, sakarin tergolong zat yang tidak mudah hilang atau larut dengan zat-zat yang lain. Untuk alasan itu, Anda mungkin harus lebih hati-hati dalam mengonsumsi makanan yang mengandung sakarin.

Nah, itu dia beberapa jenis pemanis buatan yang aman untuk Anda konsumsi selama kehamilan. Setelah mengetahui gula buatan apa saja yang aman, semoga Anda menjadi lebih cermat dalam memilih jenis makanan yang akan Anda konsumsi ya. Semoga bermanfaat.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading