Sukses

Parenting

Atasi Lactose-Intolerant Saat Hamil dengan Solusi Ini Yuk, Bunda!

Bunda, jika Anda tergolong pada golongan ibu hamil yang memiliki keengganan tertentu terhadap susu, Anda mungkin akan mendapatkan tantangan tertentu, karena seperti diketahui susu merupakan sumber kalsium bagi bayi dalam kandungan Anda.

Memiliki keengganan terhadap susu dikarenakan lactose-intolerant atau tidak toleran terhadap laktosa kadang menjadi masalah tersendiri bagi ibu hamil. Lactose-intolerant disebabkan karena tubuh Anda mengalami kesulitan memproduksi cukup enzim laktase. Enzim laktase berfungsi untuk memecah laktosa menjadi gula yang lebih kecil, yang dikenal sebagai glukosa dan galaktosa, agar dapat diserap oleh tubuh dan diproses menjadi energi.

Memaksakan diri untuk meminum susu saat Anda memiliki intolerasi laktosa  justru dapat  menyebabkan kram, kembung, bahkan diare. Nah, jika sudah demikian, cobalah  beberapa tips yang telah kami lansir dari laman whattoexpect.com, ini untuk tetap mendapatkan kalsium susu tanpa harus mengalami gangguan pada perut Anda.

    Ganti Susu Anda dengan Susu Kedelai

    Susu kedelai merupakan produk olahan kedelai yang direndam, digiling lalu dicampur dengan air. Meski tidak terbuat dari susu sapi, kandungan susu kedelai tidak kalah dari susu sapi kok. Sebab, susu sapi dan susu kedelai sama-sama memiliki jumlah  protein, vitamin A, D, Riboflavin, dan B12 yang tinggi. Selain itu, susu kedelai juga lebih rendah lemak dibandingkan dengan susu sapi, sebab susu kedelai diolah dari protein nabati yang kandungan lemaknya lebih sedikit dari produk olahan protein hewani.

    Susu Bebas Laktosa

    Sekarang ini, banyak supermarket yang menjual susu bebas laktosa, jika Anda kesulitan mencerna susu karena Anda memiliki lactose-intolerant, cobalah untuk mengonsumsi susu bebas laktosa. Beberapa susu bebas laktosa dilengkapi dengan tambahan kalsium, produk ini pasti dapat membantu Anda untuk dapat mendapatkan asupan kalsium drai susu tanpa harus mengalami gangguan pada perut Anda.

    Enzim Laktase

    Kurangnya produksi enzim laktase dalam tubuh Anda tidak lagi menjadi halangan bagi Anda untuk mengonsumsi susu, karena sekarang ini banyak dijual enzim laktase dalam bentuk kapsul atau tablet di apotek. Ambil satu tablet enzim laktase sebelum Anda meminum susu atau teteskan enzim laktase tersebut ke dalam susu yang akan Anda minum.

Nah, itulah solusi untuk mengatasi intoleransi laktosa saat Anda hamil. Semoga bermanfaat dan membuat kehamilan Anda semakin sehat, ya.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

Loading