Sukses

Parenting

Nyeri Punggung Saat Hamil Besar? Coba Cara Ini Bunda

Saat kehamilan memasuki trisemester ketiga, banyak perubahan yang akan Anda rasakan. Perubahan yang paling kentara adalah perubahan fisik yaitu kondisi perut yang semakin membesar. Seiring dengan kondisi perut yang semakin besar, Anda juga biasanya akan mengalami kesulitan untuk berdiri berlama-lama karena nyeri punggung yang Anda rasakan.

Nyeri punggung selama kehamilan ini umumnya disebabkan karena pertambahan berat badan yang membuat syaraf-syaraf punggung mengalami ketegangan. Selain itu, kondisi perut yang membuncit saat kehamilan tua ini juga membuat dua otot paralel yang bergerak dari rangka tulang rusuk sampai tulang pinggang akan terpisah. Perpisahan ini akan menambah buruk sakit punggung yang Anda derita selama masa kehamilan.

So, agar nyeri punggung saat kehamilan memasuki trisemester ketiga ini tidak terjadi berlarut-larut dan membuat Anda meringis menahan sakit, coba beberapa cara yang telah dilansir dari laman www.mayoclinic.org berikut ini yuk, Bunda.

    Olahraga

    Olahraga yang teratur sebelum masa melahirkan dapat memperkuat otot dan meningkatkan fleksibilitas. Hal ini dapat mengurangi stres dan tekanan pada tulang belakang Anda. Latihan yang aman bagi kebanyakan wanita hamil adalah berenang, berjalan dan bersepeda statis.

    Tidur Dalam Posisi Miring

    Saat tidur, tidurlah dengan posisi miring dengan salah satu atau kedua lutut tertekuk. Hindari posisi tidur telentang karena posisi ini akan membuat punggung Anda semakin tertekan dan Anda menjadi semakin tidak nyaman. Pertimbangankan untuk menggunakan bantal untuk mengganjal perut Anda jika perlu.

    Gunakan Kompres Dingin dan Panas

    Penggunaan kompres panas dan dingin di punggung akan membantu Anda mengurangi rasa nyeri di punggung saat kehamilan membesar. Anda bisa memulainya dengan kompres dingin terlebih dahulu, lalu lanjutkan dengan kompres panas. Letakkan es pada kantong kompres, diamkan selama 10 - 20 menit di daerah punggung yang sakit, lalu ganti es dengan air panas, diamkan selama 10 - 20 menit. Ulangi langkah ini sampai nyeri pada punggung Anda mereda.

    Coba Akupuntur

    Penelitian menunjukkan bahwa akupuntur dapat membantu Anda mengurangi rasa sakit di punggung saat kehamilan. Jika Anda tertarik untuk mencoba tips ini, pastikan Anda mendapatkan bantuan dari dokter atau ahli untuk menjamin keamanannya.

Itulah beberapa tips yang bisa Anda lakukan untuk mengurangi nyeri punggung saat kehamilan semakin membesar. Jika ke-empat tips ini belum berhasil meringankan nyeri punggung yang Anda derita, ada baiknya Anda segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Nah, semoga informasi ini bermanfaat bagi Anda, sehingga proses kehamilan Anda akan selalu sehat dan lancar hingga melahirkan nanti.

(vem/ama)

Follow Official WhatsApp Channel Fimela.com untuk mendapatkan artikel-artikel terkini di sini.

What's On Fimela
Loading